Perusahaan-perusahaan teh yang ada di Indonesia sekarang ini saling bersaing untuk merebut konsumen yang ada di pasar. Mereka menyediakan berbagai rasa, bentuk kemasan, harga yang relatif sama, iklan dan promosi yang gencar, dan sebagainya, agar para konsumen mau mencoba minuman mereka. Persaingan yang sedemikian ketat ini mungkin juga didorong oleh kenyataan bahwa minuman ringan telah menjadi salah satu pilihan utama konsumen dari sekian banyak jenis minuman yang ada untuk menghilangkan rasa haus. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, penulis melakukan penelitian tentang preferensi konsumen terhadap Fruit Tea atau Lipton Ice Tea. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui library research serta field research. Untuk field research, penulis mengadakan wawancara langsung dengan pihak perusahaan dan menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa di Universitas Atma Jaya dengan metode convenience sampling. Untuk menganalisis data penelitian ini, digunakan perangkat statistik Overall Mean Score. Adapun variabel-variabel atau atribut-atribut yang dianalisis adalah: rasa, variasi produk, mutu, kemasan, harga, kemudahan mendapatkan produk, dan iklan. Dari hasil analisis, diketahui bahwa responden lebih memilih Fruit Tea. |