Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan masyarakat internasional dalam berinteraksi di semua bidang termasuk perdagangan, urusan diplomatik, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Seiring dengan itu, permintaan akan jasa pendidikan bahasa Inggris semakin tinggi yang target pasarnya mencakup anak-anak sampai orang dewasa, Oleh karena itu, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang kepuasan konsumen The British Institute terhadap jasa dan fasilitas yang ditawarkan oleh The British Institute kepada konsumennya. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu dengan melakukan riset lapangan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 70 siswa The British Institute. Penyebaran kuesioner ini ditujukan kepada para siswa yang telah belajar di The British Institute Kuningan lebih dari satu term (tiga bulan) dan berusia di atas 17 tahun. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan bahwa sebagian besar responden The British Institute Cabang Kuningan puas terhadap materi pelajaran yang diberikan dan juga penyampaian materi pelajaran yang diberikan oleh para tenaga pengajar. Kepuasan tersebut harus dipertahankan agar The British Institute dapat terus bertahan di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat. Tidak ada satu atributpun yang diteliti oleh penulis dinilai buruk kinerjanya oleh para responden. Dari semua penjelasan di atas, maka penulis mempunyai kesimpulan serta saran yang bagaimanapun juga peran konsumen sangat besar, karena itu The British Institute dituntut memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik. Sekaligus hal ini sebagai benteng terdepan bagi The British Institute dalam menghadapi situasi sulit dan kondisi seburuk apapun. |