Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan Metode Penelitian menggunakan metode survey jenis penelitian asosiatif / hubungan. Analisis data menggunakan analisis statistik regresi sederhana dan berganda. Sampel terdiri dari konsumen PD Enza Brass Bed sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan covenience sampling. Dalam penelitian ini terdap dua variable independent, yaitu X1 (kualitas produk) dan X2 (kualitas pelayanan), dan variabel dependen yaitu Y (kepuasan pelanggan). Pengumpulan data kualitas produk dan kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diisi oleh responden PD Enza Brass Bed, kemudian dimasukan kedalam daftar isian yang telah dibuat terlebih dahulu. Hasil analisis regresi sederhana dan berganda dianalisis dengan program SPSS diperoleh output sebagai berikut : Hasil uji hipotesis dengan uji t, ternyata menerima hipotesis kerja pertama, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y). pengaruh yang positif antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, bisa dilihat dari model persamaan regresi Ŷ = 1,663 + 0,593 X1. Kualitas produk berpengaruh signifikan karena mampu menjelaskan 60,3% terhadap kepuasan pelanggan (Y). Uji Hipotesis dengan uji t, ternyata menerima hipotesis kedua, yaitu : terdapat pengaruh yang positif kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y). pengaruh yang positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dapat dilihat juga dari model persamaan regresi Ŷ = 0,031 + 1,013 X2. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan karena mampu menjelaskan 63,8% terhadap kepuasan pelanggan (Y). Uji Hipotesis dengan uji F ternyata menerima hipotesis kerja ketiga, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PD Enza Brass Bed. Pengaruh yang positif dapat dilihat dari model persamaan regresi Ŷ = 0,294 + 0,629 X1 + 0,316 X2 variasi variabel independen kualitas produk dan kualitas pelayanan signifikan karena mampu menjelaskan 71,7% terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan (Y). |