Ketatnya persaingan di dalam industri restoran siap saji (fastfood) menuntut perusahaan untuk lebih jeli melihat perkembangan selera konsumen. Munculnya banyak pesaing, membuat pihak manajemen perlu melakukan strategi pemasaran yang lebih kompetitif dibanding pesaing lainnya. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian mengenai preferensi mahasiswa/i Universitas Atma Jaya terhadap restoran KFC atau Texas Chicken. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan serta riset lapangan, dengan menyebarkan 100 kuesioner ke mahasiswa/i Universitas Atma Jaya fakultas ekonomi manajemen yang mengambil mata kuliah pengantar akuntansi II di semester pad at 2004 dari tanggal 15 Juni sampai dengan 22 Juni 2004. Data yang diperoleh dari para responden tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan Conjoint Analysis. Perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan program computer SPSS versi 11.5. Ada tiga atribut yang dianalisis yaitu nama restoran, menu dan harga. Masing-masing atribut tersebut memiliki tingkatan atribut yaitu untuk nama restoran memiliki tingkatan atribut: restoran KFC dan Texas Chicken. Untuk Atribut menu memiliki tingkatan atribut combo 1 , combo 2, combo 3, combo 4, p aket ekonomis A, paket ekonomis B, paket ekonomis C, paket ekonomis D. Dan untuk harga memiliki tingkatan atribut Rp 15.909, Rp 14.727, Rp 15.727, Rp 13.364, Rp 8.636, Rp 12.636, Rp 12.091, Rp 13.455. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa responden lebih memilih restoran Texas Chicken dengan menu combo 1, combo 3, paket ekonomis A, paket ekonomis B, paket ekonomis C, paket ekonomis D. |