Anda belum login :: 17 Feb 2025 09:04 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Persepsi Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSPIK dan RSGM terhadap Lima Dimensi Pelayanan
Bibliografi
Author:
Dedy
;
Rahmawati
(Advisor);
Wijayanto, Nico
;
Saadah, Siti
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2004
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Dedy and Nico Wijayanto's Undergraduated Theses.pdf
(728.0KB;
13 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEM-4893
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dewasa ini telah terjadi pergeseran nilai dalam pengelolaan rumah sakit dimana kini banyak berdiri rumah sakit baru yang berorientasi mencari keuntungan. Banyaknya rumah sakit yang didirikan belakangkan ini menimbulkan persaingan yang ketat antara rumah sakit yang satu dengan yang lainnya. Meningkatnya intesitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan, dengan cara lebih memuaskan konsumen dari pada yang dilakukan pesaing.
Obyek penelitian yang menjadi sasaran kami adalah RS PIK dan RS GM. Karena keterbatasan waktu, sampel yang digunakan sebanyak 150 responden untuk RS PIK dan 150 responden untuk RS GM dan diambil secara simple random sampling untuk masing-masing rumah sakit. Periode pengumpulan data di RS GM adalah dari tanggal 24 Mei s/d 2 Juni 2004, sedangkan di RS PIK adalah dari tanggal 4 Juni s/d 14 Juni 2004.
Adapun rumusan masalah yang diajukan terdiri dari 2 pertanyaan, yatu (1) sejauh mana kesesuaian persepsi konsumen di RS PIK dan RS GM dalam menilai tingkat kepentingan unsur-unsur dimensi pelayanan menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan (2) sejauh mana persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan RS PIK dan RS GM menggunakan uji signifikansi Wilcoxon. Sedangkan ada 5 dimensi yang kami teliti yaitu: keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan berwujud.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada kesesuaian persepsi konsumen di RS PIK dan RS GM dalam menilai tingkat kepentingan 5 dimensi servqual, untuk rumusan masalah yang pertama. Sedangkan untuk rumusan yang kedua diperoleh kesimpulan bahwa persepsi konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh kedua rumah sakit sesuai atau melebihi harapan. Kami menyarankan kepada pihak rumah sakit untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kinerja kedua rumah sakit.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)