Sepanjang hidup manusia memiliki banyak kebutuhan dan mengenal berbagai macam produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti halnya kebutuhan wanita yang selalu ingin tampil cantik, tidak hanya memiliki bentuk tubuh yang indah dan langsing, kulit wajah yang halus, tetapi juga rambut yang indah. Jasa salon pun diperlukan agar rambut dapat ditata dan dirawat sebaik mungkin. Dalam memilih jasa salon yang baik, layaknya memilih produk, konsuen akanmempertimbangkan berbagi atribut yang terkandung dalamjasa tersebut. Oleh sebab itu salon Sansan perlu memeprsiapkan diri dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah memberikan kepuasan adalah konsumen. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen di salon Sansan, penulis menggunakan variabel identitas konsumen yang dihubungkan dengan atribut-atribut salon Sansan sehingga dapat diketahui pendapat dan harapan konsumen terhadap salon Sansan. Dari pendapat dan harapan konsumen dapat dihitung tingkat kepuasan konsumen dengan menggunakan rumus Overall Mean Score. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah konsumen puas dengan produk dan jasa salon Sansan, kecuali perhatian salon, harga produk dan jasa, kecepatan pelayanan karyawan, dan daya tanggap karyawan terhadap keinginan konsumen. Konsumen mengeluhkan kurangnya eprhatian pihak salon terhadap kepuasan yang dirasakan konsumen. Konsumen menginginkan pihak salon menanyakan mengenai hasil kerja karyawannya dan kinerja salon Sansan sendiri pada consume. Sedangkan untuk harga, menurut konsumen sedikit lebih mahal dari salon lain. Konsumen juga mengeluhkan kurangnya daya tanggap karyawan dalam memenuhi keinginan konsumen dan lambatnya pelayanan karyawan salon Sansan. Sebaiknya salon Sansan lebih memperhatikan konsumennya, memberikan pealtihan pada karyawannya, dan menurunkan harga produk dan jasanya. Sedangkan untuk atribut lain ditingkatkan lagi kualitasnya. |