Majalah femina adalah majalah yang segmentasinya ditujukan untuk kaum wanita. Saat ini persaingan yang terjadi pada segmen majalah wanita semakin ketat. Untuk itu diperlukan suatu analisis perilaku konsumen agar perusahaan dapat mengetahui kegiatan individu dalam proses pengambilan keputusan untuk mendapatkan dan menggunakan produk yang ditawarkan. Setelah melihat uraian diatas penulis mencoba merumuskan masalah ?Apakah kepuasan konsumen terhadap majalah femina pada PT. Gaya Favorit Press telah tercapai ?. Dengan batasan masalah yang akan diteliti adalah sampul majalah femina, isi majalah femina dilihat dari penyampaian bahasa, kualitas isi dari majalah femina, distribusi majalah femina, promosi majalah femina, dan harga majalah femina. Metode pengambilan sampel yang digunakan penulis adalah dengan penyebaran 100 buah kuesioner kepada 100 orang responden pembaca majalah femina sebagai sampel. Penyebarannya dilakukan di daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Dalam mengolah data, penulis menggunakan skala likert untuk mengukur tingkat harapan dan penilaian kinerja perusahaan untuk kemudian dihitung dengan menggunakan rumus tingkat kesesuaian. Setelah dianalisis, data akan disajikan dalam bentuk diagram kartesius. Setelah melakukan analisis pada atribut-atribut majalah femina dapat dilihat atribut penampilan sampul, isi majalah femina dilihat dari penyampaian bahasa dan kualitas isi terletak pada kuadran B. Artinya ketiga atribut itu dianggap penting oleh konsumen dan konsumen menilai bahwa kinerja majalah femina sudah baik. Atribut promosi dan harga majalah femina terletak pada kuadran C. Artinya kedua atribut tersebut dianggap kurang penting oleh konsumen dan pelaksanaan kinerjanya biasa saja. Atribut distibusi terletak pada kuadran D. Artinya atribut distribusi dianggap kurang penting bagi konsumen tetapi pelaksanaan kinerjanya sangat baik sekali. Setelah melihat hasil analisis terhadap atribut-atribut majalah femina, dapat dilihat bahwa tidak ada atribut majalah femina yang terletak pada kuadran A. Berarti tidak ada atribut majalah femina yang harus diperbaiki kinerjanya dan dianggap penting bagi responden. Majalah femina harus mempertahankan dan meningkatkan kinerja atribut penampilan sampul, gaya bahasa dan kualitas isi karena telah memenuhi harapan responden. Sementara majalah femina harus memperbaiki kinerja atribut harga dan promosi karena dianggap kinerjanya biasa saja walaupun kedua atribut tersebut tidak begitu penting bagi responden. Sebagian besar responden menganggap kinerja atribut distribusi terlalu berlebihan sehingga majalah femina dapat kiranya mengalokasikan atribut itu ke atribut lainnya yang masih belum baik. |