Anda belum login :: 24 Nov 2024 06:19 WIB
Detail
BukuPerbandingan Sikap Belanja Konsumen Retail Penduduk karawaci Terhadap Keberadaan Jaringan Mini Market Indomaret Dibanding Usaha Retail Perorangan
Bibliografi
Author: Febrianto, Leo Korona ; Parmono, Vincentius Rachmadi (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1190
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Laju persaingan dalam dunia usaha bergerak semakin cepat.
Situasi perekonomian yang semakin kompetitif memaksa perusahaan untuk
lebih seksama mengarahkan perhatiannya pada faktor-faktor yang
menentukan kelangsungan hidupnya. Faktor-faktor tersebut amat beragam,
baik faktor internal di dalam perusahaan maupun faktor-faktor eksternal yang
berhubungan langsung dengan pasar. Adapun tujuan penelitian yang
dilakukan dalam tugas akhir ini adalah "mengetahui sejauh mana sikap
belanja konsumen retail penduduk Karawaci terhadap keberadaan
jaringan mini market Indomaret dibanding dengan keberadaan usaha
retail perorangan. Usaha retail perorangan merupakan suatu usaha
pemasaran tradisional yang sudah ada sejak dulu dj Indonesia termasuk di
sekitar Karawaci. Akhir -akhir ini banyak sekali bermunculan jaringan mini
market yang berdiri di sekitar pemukiman yang lokasinya identik dengan
lokasi usaha retail perorangan. Setiap organisasi yang melakukan penjualan
dengan cara ini dimulai dari produsen, pedagang besar hingga pengecer
dikatakan melakukan usaha eceran, tanpa memperhatikan bagaimana
barang-barang dan jasa tersebut dijual (melalui orang, surat, telepon, atau
mesin penjualan) atau dimana penjualan dilakukan. Melalui tindakan dan
pembelajaran, seseorang mendapatkan keyakinan dan sikap. Keyakinan
adalah pemikiran deskriptif dan dimiliki seseorang mengenai sesuatu,
sedangkan sekap adalah evaluasi, perasaan emosional dan kecenderungan
tindakan yang menguntungkan atau tidak menguntungkan terhadap suatu
obyek suatu ide yang relatif konsisten. Untuk dapat memahami dan
niengetahui pengaruh kehadiran jaringan mini market Indomart dan retail
perorangan pemasar perlu mengenali terlebih dahulu sikap konsumen
terhadap kedua retail tersebut. Karena sikap konsumenlah yang menentukan
kemana mereka akan membelanjakan uangnya disampaing faktor-faktor lain
seperti faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi konsumen tersebut. penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan cara survai. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian diskriptif ialah untuk membuat gambaran atau lukisan objek
penelitian secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat
serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Adapun alasan mengapa
peneliti menggunakan metode penelitian ini adalah karena peneliti hendak
melukiskan sejauh mana sikap belanja konsumen retail, penduduk Karawaci
terhadap keberadaan jaringan mini market Indomaret dibanding dengan
keberadaan usaha retail perorangan. Yang menjadi obyek penelitian adalah
pelanggan yang pernah berbelanja di retail perorangan dan Indomaret, serta
berdomisili di Karawaci. Analisis yang dilakukan dengan cara menghitung
mean score atau rata-rata hitung dan Chi kuadrat. berdasarkan pada hasil
penelitian yang telah dilakukan, serta berdasarkan hasil penelitian yang telah
di peroleh dengan menggunakan metode uji ketergantungan, chi square
untuk menggambarkan hubungan antara retail mana yang dipilih oleh para
responden apakah Indomaret ataukah retail perorangan. Diketahui bahwa
alpha=5%,X2 hitung=1,742, X2 Tabel=3,84, tolak HI, hampir tidak ada beda nyata
antara Indomaret dan retail perorangan. Diperoleh kesimpulan bahwa tidak
ada preferensi terhadap salah satu retail. Para responden cenderung tidak
mempermasalahkan kemana merka berbelanja, yang penting mereka dapat
memperoleh apa yang mereka inginkan dengan cepat murah dan mudah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)