Laju persaingan dalam dunia usaha bergerak semakin cepat. Situasi perekonomian yang semakin kompetitif memaksa perusahaan untuk lebih seksama mengarahkan perhatiannya pada faktor-faktor yang menentukan kelangsungan hidupnya. Faktor-faktor tersebut amat beragam, baik faktor internal di dalam perusahaan maupun faktor-faktor eksternal yang berhubungan langsung dengan pasar. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan dalam tugas akhir ini adalah "mengetahui sejauh mana sikap belanja konsumen retail penduduk Karawaci terhadap keberadaan jaringan mini market Indomaret dibanding dengan keberadaan usaha retail perorangan. Usaha retail perorangan merupakan suatu usaha pemasaran tradisional yang sudah ada sejak dulu dj Indonesia termasuk di sekitar Karawaci. Akhir -akhir ini banyak sekali bermunculan jaringan mini market yang berdiri di sekitar pemukiman yang lokasinya identik dengan lokasi usaha retail perorangan. Setiap organisasi yang melakukan penjualan dengan cara ini dimulai dari produsen, pedagang besar hingga pengecer dikatakan melakukan usaha eceran, tanpa memperhatikan bagaimana barang-barang dan jasa tersebut dijual (melalui orang, surat, telepon, atau mesin penjualan) atau dimana penjualan dilakukan. Melalui tindakan dan pembelajaran, seseorang mendapatkan keyakinan dan sikap. Keyakinan adalah pemikiran deskriptif dan dimiliki seseorang mengenai sesuatu, sedangkan sekap adalah evaluasi, perasaan emosional dan kecenderungan tindakan yang menguntungkan atau tidak menguntungkan terhadap suatu obyek suatu ide yang relatif konsisten. Untuk dapat memahami dan niengetahui pengaruh kehadiran jaringan mini market Indomart dan retail perorangan pemasar perlu mengenali terlebih dahulu sikap konsumen terhadap kedua retail tersebut. Karena sikap konsumenlah yang menentukan kemana mereka akan membelanjakan uangnya disampaing faktor-faktor lain seperti faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi konsumen tersebut. penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan cara survai. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian diskriptif ialah untuk membuat gambaran atau lukisan objek penelitian secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Adapun alasan mengapa peneliti menggunakan metode penelitian ini adalah karena peneliti hendak melukiskan sejauh mana sikap belanja konsumen retail, penduduk Karawaci terhadap keberadaan jaringan mini market Indomaret dibanding dengan keberadaan usaha retail perorangan. Yang menjadi obyek penelitian adalah pelanggan yang pernah berbelanja di retail perorangan dan Indomaret, serta berdomisili di Karawaci. Analisis yang dilakukan dengan cara menghitung mean score atau rata-rata hitung dan Chi kuadrat. berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, serta berdasarkan hasil penelitian yang telah di peroleh dengan menggunakan metode uji ketergantungan, chi square untuk menggambarkan hubungan antara retail mana yang dipilih oleh para responden apakah Indomaret ataukah retail perorangan. Diketahui bahwa alpha=5%,X2 hitung=1,742, X2 Tabel=3,84, tolak HI, hampir tidak ada beda nyata antara Indomaret dan retail perorangan. Diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada preferensi terhadap salah satu retail. Para responden cenderung tidak mempermasalahkan kemana merka berbelanja, yang penting mereka dapat memperoleh apa yang mereka inginkan dengan cepat murah dan mudah. |