Radio adalah salah satu alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi. Saat ini banyak terdapat stasiun radio di Jakarta namun, hanya beberapa diantaranya yang mampu menarik pendengar. Untuk menarik pendengar, stasiun radio harus mampu menanamkan kesan dalam benak target pasarnya agar program acara yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pendengarnya. Maka dari itu, perusahaan harus menentukan segmen dan target pendengarnya baru kemudian menentukan strategi penempatan posisi dalam benak konsumennya atau lebih dikenal dengan positioning. Dengan positioning yang baik, perusahaan akan lebih mudah dalam menghadapi persaingan dengan radio lainnya. Untuk itu, penulis melakukan penelitian mengenai penerapan positioning dari Radio One dan bagaimana kesesuaiannya dengan persepsi pendengar dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan dari positioning Radio One itu sendiri dilihat dari persepsi pendengarnya. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif pada perusahaan dan pendekatan kuantitatif pada pihak pendengar. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa Radio One telah berhasil membidik segmen dan target pendengarnya dengan tepat dan juga ditemukan adanya kesesuaian antara penerapan positioning perusahaan dengan persepsi pendengarnya. Radio One memposisikan diri sebagai Radio pria pertama dan satu-satunya di Jakarta. Hal tersebut dibuktikan melalui program-program acaranya yang selalu disajikan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pendengarnya dengan mengupas informasi dari 3 sisi kehidupan, ?Lifestyle, Business, Sport?. Positioning dari Radio One itu berhasil dibuktikan dari hasil jawaban responden yang mayoritas setuju bila Radio One disebut sebagai radio pria pertama dan satu-satunya. Walaupun telah berhasil memposisikan diri dalam benak pendengarnya, Radio One tetap disarankan untuk semakin memantapkan posisinya dengan terus melakukan perubahan sesuai dengan lingkungan bisnis salah satu caranya adalah dengan melakukan perluasan promosi untuk menjaring lebih banyak pendengar. |