Anda belum login :: 17 Feb 2025 12:46 WIB
Detail
BukuUsulan Strategi Promosi Asuransi Jiwa Allianz Dalam Upaya Meningkatkan Awareness di PT. Asuransi Allianz Life Indonesia
Bibliografi
Author: Yulyanto, Daniel ; Hutahaean, Hotma Antoni (Advisor)
Topik: Asuransii Jiwa; Cluster Analysis; Strategi Promosi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Daniel Yulyyanto's Undergraduated Theses.pdf (2.37MB; 43 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-078
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa dikarenakan beberapa faktor utama seperti semakin maraknya tindak kejahatan, ketidakstabilan politik di Indonesia dan pola pikir masyarakat yang semakin kritis maka memberikan peluang bagi perusahaan asuransi jiwa untuk berkembang baik di Indonesia. PT. Asuransi Allianz Life Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa asuransi jiwa di Indonesia memiliki visi untuk menjadi perusahaan asuransi patungan terkemuka di Indonesia.
Salah satu bentuk strategi perusahaan untuk mempermudah memasarkan produknya adalah dengan meningkatkan brand awareness perusahaan di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat awareness asuransi jiwa Allianz, meningkatkan awareness asuransi jiwa Allianz di masyarakat dengan mengusulkan suatu strategi promosi yang kompetitif, mengetahui atribut yang dipentingkan konsumen dalam menggunakan jasa asuransi dan menentukan pasar sasaran yang ingin diprioritaskan untuk dilayani yang lebih mengacu pada potential user. Proses identifikasi atribut-atribut mana saja yang dipentingkan konsumen dilakukan dengan cara wawancara terhadap pihak perusahaan kemudian dilakukan penyebaran kuesioner dan setelah data didapat maka selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk memperoleh data yang valid dan reliabel. Selanjutnya pembagian segmen untuk menetapkan pasar sasaran berdasarkan tingkat kepentingan atribut yaitu dengan menggunakan cluster analysis. Perusahaan harus mengetahui profil dan perilaku segmen dengan melakukan proses tabulasi silang antara segmen yang telah terbentuk dengan profil dan perilaku responden, kemudian untuk mengetahui ciri dari masing-maing segmen yang terbentuk yaitu dengan menggunakan correspondence analysis. Untuk mengetahui posisi produk terhadap atribut yang dipentingkan oleh responden dan atribut yang dipunyai oleh merek yaitu dengan menggunakan analisis kuadran. Setelah mengetahui atribut mana saja yang dipentingkan konsumen, profil dan perilaku segmen serta performansi perusahaan, selanjutnya penulis menetapkan usulan strategi promosi yang dapat meningkatkan awareness asuransi jiwa Allianz.
Dari hasil analisis terbentuk 4 segmen yang memiliki profil dan karakteristik yang berbeda, namun berdasarkan pasar sasaran yang ingin diprioritaskan untuk dilayani yang lebih mengacu pada potential user maka segmen ke-1 dipilih untuk menjadi prioritas utama perusahaan dalam pelaksanaan strategi promosi yang telah ditetapkan sebelumnya. Segmen 1 memiliki profil antara lain: pria, usia 31-40 tahun, tingkat pendidikan terakhir perguruan tinggi, profesi karyawan swasta dan pendapatan lebih dari Rp.3.000.000 perbulan. Perilaku segmen 1 cenderung membaca surat kabar berskala nasional, membaca majalah wanita, menonton stasiun televisi RCTI dan sering mendengarkan stasiun radio Hardrock FM.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.21875 second(s)