Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:50 WIB
Detail
BukuFaktor-Faktor Penghambat Kegiatan Belajar Anak-anak Panti Desa Putera di Sekolah dan di Asrama (Anak-Anak Kelas V dan Kelas VI SD)
Bibliografi
Author: Saudi ; Widjaja, Anny E. L. (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Saudi's Undergraduated Theses.pdf (177.0KB; 28 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-256
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Salah satu cara untuk mengetahui perkembangan hasil belajar yang telah
dicapai anak dalam bidang akademik adalah melalui laporan hasil belajar (raport).
Perkembangan itu dapat menjadi baik atau menjadi buruk dari hasil belajar yang telah
dicapai. Faktor-faktor penghambat kegiatan belajar yang dialami anak-anak kelas V
dan kelas VI SD karena disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. Sekolah
Dasar (SD) merupakan pendidikan dasar dari tingkat I sampai dengan tingkat VI.
Panti Asuhan adalah rumah tempat memelihara anak-anak yatim piatu. Periode
kanak-kanak akhir antara umur 6 ? 12 tahun untuk perempuan, dan 6 ? 13 tahun
untuk laki-laki. Perbedaan umur untuk anak perempuan dan laki- laki pada periode
kanak-kanak akhir disebabkan karena anak perempuan lebih cepat matang
perkembangan seksnya daripada anak laki- laki.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai faktorfaktor
penghambat kegiatan belajar di Sekolah dan di Panti Asuhan Desa Putra Jakarta
Selatan. Subyek penelitian sebanyak 36 anak tingkat SD, pengambilan data dengan
teknik skala penilaian
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian
deskriptif ini memberikan gambaran atau lukisan secara sistimatis, faktual dan akurat
mengenai fakta-fakta serta hubungan fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian ini
hanya ada satu variabel saja yaitu faktor- faktor penghambat kegiatan belajar di
Sekolah dan di Panti Asuhan. Untuk mengetahui validitas pernyataan digunakan
v
korelasi Product Moment dengan program SPSS versi 10.00. Perhitungan reliabilitas
tes menggunakan rumus alpha dengan reliabilitas instrumen 0,9166.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa faktor-faktor penghambat kegiatan
belajar di sekolah dan Panti Asuhan (anak-anak kelas V dan kelas VI D) disebabkan
karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain komponen
perhatian memberikan sumbangan sejumlah 46%, komponen bakat dan kemampuan
akademik memberikan sumbangan sejumlah 36%, komponen motif memberikan
sumbangan sejumlah 31%, sedangkan faktor eksternal yaitu komponen perlakuan
pengasuh memberikan sumbangan sejumlah 33%, komponen suasan panti memberikan
sumbangan sejumlah 75%, komponen metode mengajar guru memberikan sumbangan
sejumlah 44%, dan relasi guru dengan anak memberikan sumbangan sejumlah 31%.
Diharapkan adanya keterlibatan pengasuh dan guru dalam mengatasi
hambatan kegiatan belajar internal seperti perhatian, bakat dan kemampuan akademik,
motif dan hambatan kegiatan belajar eksternal seperti perlakuan pengasuh, suasana
panti, metode mengajar guru dan relasi guru dengan anak sehingga anak dapat
mengatasi hambatan kegiatan belajar dengan baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)