Untuk memenuhi hak anak, terutama hak anak untuk mendapatkan pendidikan, maka masyarakat yang tergabung dalam dalam komunitas Sanggar Anak Akar mendirikan suatu medium untuk belajar dan bermain bagi anak pinggiran, termasuk anak jalanan. Melalui program-program yang dibuatnya, khususnya program pendidikan, Sanggar Anak Akar mempunyai tujuan untuk mengembangkan suatu model pendidikan bagi anak pinggiran, sebagai gerakan budaya yang menghormati martabat dan menghargai pertumbuhan seorang anak sebagai manusia yang utuh. Permasalahan umum pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas program pendidikan yang telah dilakukan pada Sanggar Anak Akar, dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Secara lebih khusus, penelitian ini bertujuan mengetahui reaksi subjek penelitian terhadap materi program, pengajar, siswa, cara penyampaian materi, fasilitas, jadwal, proses pembelajaran, penerapan tingkah laku, dan hasil akhir yang di dapat setelah mengikuti program pendidikan pada Sanggar Anak Akar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Subjek utama dalam penelitian ini adalah para siswa yang terdiri dari anak jalanan. Untuk mendapatkan suatu kredibilitas penelitian, digunakan triangulasi data yang terdiri dari beberapa kelompok subjek selain kelompok siswa, yaitu subjek dari pengurus harian Sanggar Anak Akar, Dewan Kordinasi Anak yang terdiri dari siswa, dan para pengajar. Jumlah subjek sebanyak sepuluh orang dan dibagi ke dalam empat kelompok. Subjek dipilih dengan menggunakan prosedur purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan program pendidikan di Sanggar Anak Akar sudah berjalan dengan baik. Namun, masih ditemukan beberapa hambatan dalam pelaksanaannya. Subjek memberikan respon yang positif terhadap program yang dimiliki oleh Sanggar Anak Akar. Program pendidikan pada Sanggar Anak Akar juga memberikan banyak pengaruh positif pada siswanya. |