Anda belum login :: 30 Nov 2024 12:59 WIB
Detail
BukuPerbedaan Sikap Membeli Produk Parfum pada Konsumen yang Di-exposure Iklan dengan Unsur Sex Appeal dan Unsur Faktual
Bibliografi
Author: Tanuwijaya, Christian ; Johan, Retno Triyani (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-578
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini berawal dari konsep pemasaran yang terjadi dalam masyarakat dalam hal periklanan. Hal ini disebabkan karena banyak para pembuat iklan yang hanya berangkat dari asumsi tidak ilmiah dalam membuat sebuah iklan untuk konsumen tertentu. Hal ini akan merugikan bagi perusahaan atau pembuat iklan itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian yang ingin melihat perbedaan antara iklan dengan unsur sex appeal dan faktual dalam mesikap untuk membeli bagi konsumen wanita. Asumsi awal yaitu unsur sex appeal akan lebih menarik bagi wanita. Dimana asumsi ini berangkat dari adanya stereotype gender yang masih berlaku di masyarakat saat ini yang mengatakan bahwa wanita adalah mahluk emosional.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan menggunakan jenis sampling bertujuan ( purposive sampling ). Sampel yang digunakan adalah 60 orang wanita yang termasuk dalam kelas ekonomi menengah keatas yang memiliki level pendidikan minimum Diploma 3 dan bekerja sebagai karyawati bagian Front Line. Alat ukur yang digunakan merupakan alat ukur yang disusun oleh peneliti dimana uji reliabilitas dan validitasnya dilakukan terhadap sampel yang sama (ujicoba terpakai). Bentuk iklan yanfg digunakan adalah bentuk iklan yang dibuat oleh peneliti dengan bantuan seorang dosen pengajar Psikologi Periklanan. Iklan yang dibuat adalah iklan parfum dengan dua unsur sex appeal dan faktual. Untuk menguji hipotesa digunakan perhitungan t-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap membeli produk parfum pada konsumen yang di- exposure iklan dengan unsur Sex Appeal dan unsur Faktual. hasil penelitian ini tidak sesuai dengan kerangka teori yang diajukan oleh peneliti. Kemungkinan yang menyebabkan hasil penelitian ini tidak sesuai dengan kerangka teori ialah dikarenakan faktor tingkat pendidikan, intensitas exposure iklan yang diberikan, serta jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)