Anda belum login :: 26 Nov 2024 10:00 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran 9 Trait Wirausaha, Intensi, Sikap, Norma Subyektif, dan Perceived Behavior Control pada Mahasiswa Tionghoa
Bibliografi
Author:
Christine
;
Riyanti, B.P. Dwi
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2004
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Christine's Undergraduated Theses.pdf
(491.0KB;
224 download
)
Christine's - INTISARI.pdf
(234.34KB;
21 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-577
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Orang-orang Tionghoa sudah dikenal sebagai kaum pedagang dengan karakteristik kepribadian mirip dengan karakteristik tingkah-laku yang identik dengan entrepreneur. Adapun entrepreneur menurut Sukardi (1991) identik dengan beberapa karakteristik tingkah laku sbb: tanggap terhadap peluang dan kesempatan berusaha, selalu berusaha memperbaiki prestasi, luwes bergaul, mau bekerja keras, percaya diri, berani mengambil resiko, tahu apa yang harus dilakukan dan bertanggung-jawab terhadap diri sendiri, inovatif, serta mandiri.
Menjadi menarik untuk diketahui bagaimana gambaran karakteristik orang-orang Tionghoa dalam sembilan traits ini. Disamping itu peneliti juga tertarik mengetahui intensi menjadi wirausaha pada mahasiswa Tionghoa. Apakah dengan keterbukaan yang ada sekarang ini, orang-orang Tionghoa tetap mempunyai intensi yang kuat untuk menjadi entrepreneur atau mereka mulai tertarik pada profesi lain.
Karena itu, peneliti kemudian mencoba untuk mendapatkan gambaran intensi pada mahasiswa Tionghoa. Dimana, keberadaan intensi dipengaruhi juga oleh sikap, norma subyektif dan perceived behavior control yang dimiliki individu. Jika individu meyakini bahwa menampilkan suatu tingkah laku akan memberikan hasil yang positif, orang-orang yang penting bagi dirinya juga mengharapkannya untuk menampilkan tingkah laku tersebut, dan terlebih lagi ia merasa bahwa dirinya memiliki kesempatan dan sumber-sumber yang dibutuhkan untuk meraih hasil yang positif dengan menampilkan tingkah laku yang dimaksud, maka individu tersebut akan cenderung berintensi untuk melaksanakan tingkah laku tersebut; dan demikian juga sebaliknya.
Secara keseluruhan penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan 9 Trait Wirausaha, Intensi, Sikap, Norma Subyektif, dan Perceived Behavior Control pada Mahasiswa Tionghoa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 buah kuesioner mengenai: behavioral belief, outcome evaluation, normative belief strength, motivation to comply, perceived behavio control, 9 trait wirausaha, dan satu buah item tentang intensi.
Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kewirausahaan, intensi, trait, sikap, norma subyektif, perceived behavior control, dan etnis Tionghoa. Karakteristik sampel yang digunakan adalah mahasiswa Tionghoa semester 6 ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa Tionghoa ingin menjadi entrepreneur, dengan hasil evaluasi trait pada umumnya netral, sikap hampir mutlak favorable, norma subyektif sebagian besar netral, dan perceived behavior control pada umumnya favorable.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)