Strategi pemasaran yang berhasil diterapkan dalam menawarkan produk barang atau jasa sangat menentukan keberhasilan sebuah perusahaan dalam bersaing, berkembang, dan bertahan hidup. Perusahaan dituntut untuk selalu bersikap aktif dalam mencari dan menarik konsumen baik yang lama maupun yang baru. Perusahaan harus dapat merencanakan, merancang, dan malaksanakan strategi pemasaran dengan baik, sesuai dengan pedoman pemasaran untuk mengkomunikasikan, menawarkan, serta menjual produknya kepada konsumen. Biro Perjalanan Wisata Bimatama adalah suatu perusahaan jasa yang salah satu usahanya adalah membuat paket wisata untuk para konsumennya. Strategi pemasaran yang digunakan oleh Biro Perjalanan Wisata Bimatama untuk meningkatkan penjualan paket-paket wisatanya adalah strategi marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keberhasilan penerapan strategi marketing mix pada Biro Perjalanan Wisata Bimatama berdasarkan aktivitas divisi tour yang dipimpin oleh manajer tour, dalam meningkatkan penjualan paket wisata. Teknik pengolahan analisa data yang dipergunakan adalah bersifat deskriptif dengan metode kualitatif dan sedikit terdapat hitungan, yang digunakan untuk menggambarkan situasi dan kondisi secara jelas, utuh, dan sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing mix yang diterapkan oleh Biro Perjalanan Wisata Bimatama telah membuat Biro Perjalanan Wisata Bimatama dapat bertahan sampai sekarang ini meskipun dunia pariwisata sempat mengalami beberapa kali guncangan. Namun, jika dilihat dari tabel penjualan, tingkat penjualan Biro Perjalanan Wisata Bimatama tidak menunjukkan kenaikan secara terus-menerus, hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor eksternal yang berpengaruh pada industri pariwisata. Saran-saran yang diberikan kiranya dapat membantu perusahaan ini. |