Kinerja Bank Syariah sekarang ini sedang meningkat, salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). Walaupun masih terbilang baru dalam dunia perbankan nasional, namun masyarakat mulai mempercayai dan menggunakan produk Bank Syariah Mandiri (BSM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Bank Syariah Mandiri sudah memberikan kepuasan kepada nasabahnya, bagaimana persepsi dan harapan nasabah terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri, dan faktor-faktor apa yang menjadi pertimbangan nasabah dalam memilih bank. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik analisis yang digunakan adalah motode analisis tabel, yang terdiri dari analisis tabel frekuensi dan analisis tabel kepuasan (di dalam tabel kepuasan terdapat 5 dimensi kualitas pelayanan ditambah 1 dimensi produk). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan yang mereka terima berada di bawah harapannya, ini berarti bahwa secara keseluruhan dimensi pelayanan yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri masih kurang memuaskan. Maka untuk meningkatkan kepuasan dan menguatkan kepercayaan nasabah, Bank Syariah Mandiri disarankan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya terutama pada dimensi assurance (jaminan) dan dimensi responsiveness (daya tanggap karyawan bank terhadap nasabah). |