Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:37 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Efektivitas Strategi Differensiasi (program acara) oleh Stasiun Televisi METRO TV ditinjau dari penilaian pemirsa (studi kasus : karyawan yang bekerja di kawasan perkantoran Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta)
Bibliografi
Author:
Marentek, Laurens Androkles
;
Temaluru, Yohanes
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2004
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Laurens Androkles Marentek's Undergraduated Theses.pdf
(246.0KB;
17 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1155
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Di era globalisasi saat ini, kebutuhan akan tersedianya sarana informasi dirasakan semakin meningkat. Apalagi melihat keadaan di Jakarta yang merupakan daerah sibuk. Adanya informasi yang aktual benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Dan untuk itu salah satu alternatif penyedia informasi adalah Stasiun Televisi. Dengan kondisi masyarakat yang sangat heterogen, kebutuhan dan keinginan terhadap informasi dan hiburan berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Ada kelompok masyarakat yang menginginkan informasi (berita-berita) lebih banyak porsinya dibandingkan hiburan atau sebaliknya. Jika suatu Stasiun Televisi sudah menentukan target pemirsanya, maka produk-produk yang dihasilkan oleh Stasiun Televisi tersebut harus menyesuaikan diri dengan kondisi targetnya. Program acara harus benar-benar memperhatikan kebutuhan dan keinginan pada pemirsa televisi. Televisi yang membidik kaum pekerja cenderung memilih program berita sebagai andalannya. Sementara televisi yang membidik kaum remaja atau mahasiswa cenderung memilih program hiburan dan informasi. Dari 11 Stasiun Televisi yang ada di Indonesia hanya Stasiun Televisi METRO TV yang berani memposisikan diri sebagai Stasiun Televisi Khusus Berita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi differensiasi terhadap program acara yang dilaksanakan oleh Stasiun Televisi METRO TV dan bagaimana penilaian pemirsa terhadap strategi yang telah dijalankan oleh Stasiun Televisi METRO TV tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan studi pustaka dengan mempelajari berbagai sumber bacaan dan studi lapangan untuk memperoleh data primer. Studi lapangan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara langsung dengan pihak METRO TV yang diwakili oleh Publik Relation METRO TV. Penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukkan bahwa sasaran pemirsa yang dituju oleh METRO TV >20 tahun serta pribadi yang berwawasan luas dan haus akan berita dan informasi. Strategi differensiasi dilakukan melalui konsep program acara yang didasari oleh riset dan pembagian program acara berdasarkan penilaian responden terhadap program acara METRO TV mayoritas menyatakan setuju terhadap yang ditawarkan variasi berita; keaktualan; kecepatan; keterpercayaan berita, kebebasan dan ketidakberpihakkan berita, penambahan program acara berita, cara presenter membawakan acara, pengetahuan presenter, kompetensi nara sumber, pengetahuan jam siaran, siaran 24 jam, informasi atau tips, informasi ilmiah, terhibur tidaknya responden setelah menonton televisi, program acara midnight live, pemenuhan kebutuhan setelah menonton dan METRO TV sebagai Stasiun Televisi Khusus Berita.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)