Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk menguji bahwa hipotesa [1] jumlah saham yang dilepas ke masyarakat berpengaruh positif terhadap initial return, [2] tujuan penggunaan dana berpengaruh terhadap initial return, [3] strategi pemasaran yang terorganisir berpengaruh terhadap initial return, [4] tingkat pendidikan karyawan berpengaruh terhadap initial return, [5] besarnya pembagian dividen berpengaruh positif terhadap initial return, dan [6] profitabilitas perusahaan berpengaruh positif terhadap initial return. Pengambilan sample dilakukan secara random dan populasinya adalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama periode 1993 sampai 2001. Dengan menggunakan model regresi linier berganda dan diperkuat dengan analisa koefisien korelasi dan koefisien determinasi, disimpulkan bahwa strategi pemasaran terorganisir dan tingkat pendidikan mempengaruhi initial return secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa para investor dan calon investor di Bursa Efek Jakarta menggunakan informasi non finansial strategi pemasaran dan tingkat pendidikan yang terdapat dalam prospektus dalam penentuan keputusan investasinya. |