Penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk menganalisis pada tingkat penjualan berapakah perusahaan mencapai titik impas. Berdasarkan titik impas, perusahaan dapat menentukan besarnya tingkat produksi agar terhindar dari resiko kerugian. Sebagai objek penlitian adalah PT. Krisna Mulia Nusantara, sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri kesehatan. Hasil penelitian yang dilakukan selama 4 (empat) tahun terakhir, yakni tahun 2002 sampai dengan 2003, menunjukkan bahwa perusahaan telah mencapai titik impas pada setiap tahunnya kecuali tahun 2002. Titik impas yang paling besar adalah titik impas pada tahun 2002 dan yang paling kecil pada tahun 2001. Dikaitkan dengan tingkat penjualan diketahui bahwa tingkat penjualan perusahaan telah melampaui titik impas kecuali tahun 2002. Selama 4 (empat) tahun terakhir ini, laba yang terbesar terjadi pada tahun 2000 dan laba yang paling rendah terjadi pada tahun 2002. Jika dilihat dari unit dan harga maka tiap tahunnya dari tahun 2000 sampai dengan 2002, unit penjualan selalu bertambah namun MOS dan laba perusahaan tidak meningkat bahkan pada tahun 2002 mengalami kerugian, dalam hal ini tidak semata disebabkan oleh kesalahan dalam merencanakan titik impas tetapi disebabkan adanya kebijakan perusahaan untuk memberi sales return dan sales discount kepada konsumen. |