Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana atribut-atribut kualitas audit, portofolio jasa profesional, dan reputasi Kantor Akuntan Publik berpengaruh terhadap kepuasan klien. Penelitian mi juga bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang hubungan antara atribut-atribut kualitas audit, portofolio jasa profesional, dan reputasi Kantor Akuntan Publik dengan kepuasan kllen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi auditor untuk memahami Iebih jauh mengenai pelayanan audit yang dibutuhkan oleh klien tetapi tetap berpegang pada kode etik dan standar audit yang berlaku di Indonesia. SeIain itu, penelitian mi juga diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan (klien) untuk memahami kinerja auditor dalam pelaksanaan proses audit apakah telah sesuai dengan kriteria yang dmharapkan, tetapi tetap berpegang pada kode etik dan standar audit yang belaku di Indonesia. Bagi pengembangan ilmu, penelitian ml bermanfaat memberikan kontribusi dalam pengembangan teori akuntansi terutama yang berkaitan dengan kualitas audit, portofolio jasa profesional, dan reputasi Kantor Akuntan Publik yang berkaitan dengan kepuasan klien. Data yang terkumpul dan jawaban kuesioner yang diperoleh secara Iangsung sebanyak 92 kuesioner atau 36,8 persen. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 11.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sepuluh variabel independen yang berpengaruh terhadap kepuasan klien, yaitu : (1) client exeperience, (2) industri expertise, (3) responsiveness, (4) tehnical competence, (5) due care, (6) quality commitment, (7) field work conduct, (8) audit committee, (9) ethical standard, (10) reputation of Public Accounting Company. Sedangkan variabel independen lainnya tidak berpengaruh terhadap kepuasan klien. Sementara untuk variabel independence tidak dapat diuji karena memiliki gejala multikolinieritas, dengan nilai Variance Inflation Factor (VIF) Iebih besar dan sepuluh. |