Tesis dengan judul The Definite and Indefinite Articles in English Sentences by Third Grade Students of Tride Junior and Senior High Schools ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk meneliti sejauh mana siswa dapat menggunakan artikel a dan the. Dengan demikian setelah mengetahui hal tersebut, peneliti bermaksud untuk mencari cara yang efektif, sistematis dan efisien untuk mengajarkan artikel kepada siswa di Indonesia, khususnya untuk tingkat lanjutan pertama (SLTP) dan tingkat menengah umum (SMU). Topik artikel ini dipilih karena pentingnya pemakaian/penggunaan artikel dalam bahasa Inggris. Penggunaan artikel a/an dan the atau sebaliknya harus diperhatikan, karena jika tidak sesuai dengan tempat atau situasinya, maka akan sering menyebabkan kesalahpahaman. Banyak sekali siswa yang belajar bahasa inggris selama bertahun-tahun, bahkan para guru sekalipun sering merasa bahwa pemakaian artikel sangatlah membingungkan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti melakukan pemberian soal kepada siswa SLTP dan siswa SMU dengan jumlah dan bentuk soal yang sama. Bentuk soal telah dikategorikan ke dalam beberapa kategori sesuai dengan pembagian yang dibuat peneliti. Setelah diujikan beberapa soal dari masing-masing kategori, peneliti hanya menyajikan satu (1) pertanyaan untuk mewakili masing-masing kategori yang telah dibuat. Dari temuan tersebut peneliti menganalisis kesalahan-kesalahan siswa SLTP dan SMU tersebut. Kemudian, peneliti memberi gambaran sejauh mana siswa SLTP dan SMU berhasil memperoleh: to acquire) penggunaan atikel dalam bahasa Inggris. Akhirnya dari hasil analisis tersebut, peneliti dapat memberikan gambaran tentang pemakaian artikel mana yang perlu mendapat tekanan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk pelajar yang belajar bahasa Inggris di Indonesia, khususnya untuk siswa SLTP dan SMU. |