Anda belum login :: 27 Nov 2024 09:27 WIB
Detail
BukuMotivasi Berprestasi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta Ditinjau Dari Perbedaan Usia
Bibliografi
Author: Vernanda, Veronica ; Tjalla, Awaluddin (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Veronica Vernanda's Undergraduated Theses.pdf (199.0KB; 45 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-224
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Proses belajar selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan berlangsung seumur hidup. Pada saat individu dilahirkan dan siap untuk belajar akan mengalami terus proses belajar sampai pada kematiannya. Jadi, ada kesempatan bagi individu dengan usia berapapun untuk belajar. Baik atau buruknya hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi untuk berprestasi yang dimiliki individu. Motivasi berprestasi adalah keinginan individu untuk mengatasi rintangan, keinginan untuk sukses dan berusaha untuk mengatasi kesulitan tugas dan mengerjakannya dengan baik dan secepat mungkin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi berprestasi mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling ditinjau dari perbedaan usia. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling yang berusia 18 ? 40 tahun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang memaparkan dan menafsirkan data yang ada. Jenis penelitian ini tidak terbatas hanya sampai pada pengumpulan dan penyusunan data, tetapi meliputi analisa dan interpretasi arti data itu, termasuk di dalamnya menguji ada tidaknya perbedaan. Alat pengumpul data adalah kuesioner dengan bentuk skala yang terdiri dari 62 buah pernyataan dengan alternatif jawaban Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Uji coba instrumen penelitian dilaksanakan terhadap 30 orang, dan subyek data penelitian sebanyak 54 orang dengan perincian subyek yang berusia 18 ? 24 tahun sebanyak 33 orang dan subyek yang berusia 25 ? 40 tahun sebanyak 21 orang. Untuk menganalisis validitas item skala motivasi berprestasi digunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson sedangkan reliabilitas () instrumen di cari dengan menggunakan teknik analisis koefisien alpha. Selanjutnya untuk menganalisis data penelitian digunakan rumus uji-t ( t-test ).
Sebanyak 62 item pernyataan yang diuji cobakan, 17 item gugur/tidak valid dan diperoleh pernyataan yang diterima/valid sebanyak 45 pernyataan, yang terdiri dari 29 pernyataan positif dan 16 pernyataan negatif. Suatu pernyataan dianggap valid apabila korelasi tiap item lebih besar dari r tabel, yaitu sebesar 0,361.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Dari perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh t hitung sebesar 8,184 lebih besar dari t tabel sebesar 2,000. Hasil analisis memperlihatkan bahwa nilai t hitung signifikan pada taraf signifikansi 5 %. Dengan hasil penelitian ini kiranya selain dapat memberikan informasi bagi program studi Bimbingan dan Konseling mengenai perbedaan motivasi berprestasi diantara mahasiswa Bimbingan dan Konseling juga khususnya bagi para pengajar agar mampu menerapkan metode pengajaran yang efektif dan tepat di dalam kelas pada mahasiswa yang usianya beragam.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)