Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:53 WIB
Detail
BukuA Proposed Model Syllabus of English for Students of Economics
Bibliografi
Author: Djuwari, M. ; Sumardi, Muljanto (Advisor)
Topik: ENGLISH FOR ECONOMICS; ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES; ENGLISH LANGUAGE - SYLLABUS DESIGN
Bahasa: (EN )    
Penerbit: Applied English Linguistics Program Graduate School Atma Jaya Catholic University of Indonesia     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1997    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: DJUWARI.pdf (4.92MB; 71 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: T 11, T11
    • Non-tandon: 2 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Abstract
Tesis dengan judul A proposed model syllabus of English for students of economics ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk merancang bangun silabus bahasa inggris untuk mahasiswa di fakultas ekonomi, khususnya mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Silabus yang dimaksud dalam studi ini dirancang bangun berdasarkan informasi, persepsi, pendapat dan saran yang dikumpulkan dari mahasiswa, dosen-dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya, serta para praktisi yang berkecimpung dalam dunia ekonomi misalnya konsultan manajemen, akuntansi dan pakar perbankan. Di samping sumber-sumber informasi tersebut di atas, informasi lain dalam studi ini juga diambil dari beberapa dokumen yang relevan.
Topik tentang silabus ini dipilih karena selama ini belum ada silabus bahasa inggris untuk mahasiswa di fakultas ekonomi yang dirancang bangun berdasarkan analisis kebutuhan belajar mahasiswa dan harapan para dosen serta praktisi yang berkaitan dengan ilmu ekonomi.
Untuk memperoleh informasi data yang diperlukan dalam rancang bangun silabus yang dimaksud, studi ini menggunakan langkah-langkah rancang bangun silabus yang dianjurkan oleh John Munby (1978), Widdowson (1984), Yalden (1984) dan Ferris dan Tagg (1996), yaitu analisis tujuan belajar bahasa Inggris (Needs Analisys). Dari hasi1 analisis kebutuhan tersebut, seleksi dan spesifikasi materi silabus kemudian dilakukan.
Untuk melaksanakan analisis kebutuhan tersebut, studi ini menggunakan teknik survey yang dilaksanakan di STIE Perbanas Surabaya dengan cara memberikan kuesioner kepada responden yang terdiri dari 193 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah bahasa Inggris saat studi ini dilaksanakan dan 50 orang dosen yang terdiri atas pakar dan praktisi yang berkecimpung dalam dunia ekonomi di STIE Perbanas Surabaya. Dengan demikian ada dua macam kuesioner: kuesioner untuk mahasiswa dan kuesioner untuk dosen/pengajar ilmu ekonomi di STIE Perbanas Surabaya. Kuesioner-kuesioner tersebut diadaptasikan dari kuesioner John Munby (1978) dengan parameternya yang disebut dengan istilah Communication Needs Processor (CNP) dan dari kuesionernya McDonough (1984).
Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam studi ini adalah analisis diskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Analisis kualitatif berdasarkan kajian pustaka misalnya buku buku dan artikel tentang silabus serta sumber-sumber lain misalnya dokumen-dokumen yang relevan. Analisis kuantitatifnya berdasarkan hasil survey yang dianalisis dengan analisis sta-tistik distribusi frekuensi yang menggunakan persentase untuk mengetahui persepsi, pendapat, sikap dan motivasi terhadap belajar bahasa Inggris dan analisis statistik Chi Square untuk mengetahui apakah ada persamaan antara dosen dan mahasiswa terhadap tujuan belajar bahasa Inggris serta keterampilan berbahasa Inggris yang diinginkan.
Analisis data dalam studi ini menghasilkan beberapa temuan. Temuan pertama, misalnya, menunjukkan bahwa persepsi dosen dan mahasiswa terhadap bahasa Inggris terbukti baik. Temuan yang kedua menunjukkan bahwa baik dosen maupun mahasiswa memi1iki tujuan belajar bahasa Inggris yang sama, yaitu baik untuk tujuan akademik (academic purposes) maupun untuk tujuan kerja (occupational purposes). Selanjutnya, ada temuan lain yang menunjukkan bahwa baik dosen maupun mahasiswa menginginkan keterampilan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Sedangkan target yang ingin dicapai ada1ah pada tingkat/level menengah atau intermediate.
Dari analisis data juga ditemukan bahwa sikap mahasiswa terhadap bahasa Inggris pada dasarnya baik meskipun masih ada hal yang perlu diperhatikan, misalnya, sikap mahasiswa yang menunjukkan bahwa mereka tidak suka membaca buku-buku atau referensi bahasa Inggris dan pemakaian bahasa Inggris oleh dosen di kelas secara terus-menerus.
Temuan lain adalah temuan yang berkaitan dengan motivasi mahasiswa. Pada dasarnya motivasi mahasiswa terhadap belajar bahasa Inggris terbukti baik. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya kesulitan yang dihadapi mereka dalam belajar bahasa Inggris karena kemampuan bahasa Inggris yang diperoleh dari SMU mereka tidak mendukung belajar bahasa Inggris di kampus. Mereka juga tidak mau ada penambahan jam belajar bahasa Inggris. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris mereka, misalnya, lingkungan belajar mereka di kampus, dan fasilitas yang kurang memadai. terutama literatur yang berhubungan dengan mata kuliah bahasa Inggris di perpustakaan, serta 1ingkungan di rumah maupun masyarakat yang kurang mendukung. Dan yang paling krusial adalah motivasi mahasiswa terhadap belajar bahasa Inggris yang disebabkan oleh buku-buku yang dipakai di dalam kelas. Dengan kata lain, buku atau diktat yang dipakai di dalam kelas adalah sangat sulit bagi mereka. Untuk itu perlu adanya revisi buku-buku tersebut berdasarkan silabus yang dirancang dalam studi ini.
Akhirnya, berdasarkan analisis data dalam studi ini Juga dihasilkan dua buah rancangan silabus: silabus untuk bahasa Inggris I yaitu silabus bahasa Inggris untuk tujuan akademik (English for Academic Purposes) dan silabus untuk bahasa Inggris II yaitu untuk tujuan persiapan kerja (English for Occupational Purposes). Ada beberapa saran dari para dosen, pakar, dan praktisi ekonomi misalnya, bahwa daftar kosakata dari mereka yang berhubungan dengan ilmu ekonomi harus dimasukkan dalam silabus tersebut. Selain itu, ada juga saran agar mahasiswa diajarkan dialek bahasa Inggris Amerika dulu kemudian diperkenalkan dengan dialek bahasa Inggris yang lain.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)