Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:20 WIB
Detail
BukuPersepsi Guru Terhadap Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pembangunan Jaya
Bibliografi
Author: Rusmanto ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2002    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Rusmanto's Undergraduated Theses.pdf (669.0KB; 40 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-216
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kepala sekolah adalah pimpinan di sekolah yang mengelola kegiatan persekolahan, meliputi kegiatan akademik dan administratif. Kepala sekolah yang berhasil apabila kepala sekolah memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta mampu melaksanakan peranan kepala sekolah sebagai seorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah. Peranan sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab kepala sekolah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pembangunan Jaya, Bintaro, Tangerang. Jumlah subjek penelitian sebanyak 35 orang guru SD Pembangunan Jaya. Subjek penelitian terdiri dari 19 orang guru pria dan 16 guru wanita.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskripitif, yaitu suatu jenis penelitian yang bertujuan berusaha memberikan dengan sistematis dan cermat fakta-fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Instrumen yang digunakan berupa skala sikap tentang gaya kepemimpinan.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa dari 48 pernyataan yang diujicobakan diperoleh 19 pernyataan yang valid karena memiliki r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0.334 dengan taraf signifikasi 5 % dan menghasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0.73, kemudian 19 pernyataan yang valid tersebut diukur kembali reliabilitasnya, hasilnya sebesar 0.90.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara guru pria dan guru wanita dalam mempersepsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah, baik pada tipe direktif, tipe partisipatif, dan tipe delegatif. Berdasarkan rerata persentase diketahui tipe direktif dan tipe partisipatif yang lebih dominan dilakukan oleh kepala sekolah SD Pembangunan Jaya, dan kurang menekankan tipe delegatif.
Selanjutnya dapat disarankan kepada kepala sekolah agar dapat mengembangkan gaya kepemimpinan tipe delegatif di lingkungan sekolah. Tipe delegatif dapat dikembangkan dengan usaha memberikan wewenang kepada bawahan untuk menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan keputusan bawahan sendiri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)