Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:32 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
DOMESTIKASI ARAH POLITIK PENDIDIKAN & PROFESIONALISME PENDIDIK DI ABAD PENGETAHUAN
Oleh:
Mudayen, Yohanes Maria Vianey
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Arah Reformasi Indonesia no. 29 (Nov. 2005)
,
page 35-55.
Topik:
abad pengetahuan
;
politik pendidikan
;
domestikasi
;
profesionalisme guru
;
pembelajaran
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
A106
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Paulo Freire mengatakan bahwa masalah pendidikan tidak mungkin dilepaskan dari masalah sosio-politik, karena kebijakan politik sangat menentukan arah pembinaan dan pengembangan pendidikan. Namun apa jadinya bila dunia pendidikan banyak terkontaminasi urusan politik? Hal ini sangat tergantung pada cara pelaku politik itu menyikapi pendidikan. Di sisi lain, untuk menyikapi kondisi tersebut, para pendidik dituntut untuk meningkatkan profesionalitas kerja sehingga bisa menempatkan diri secara arif dalam dunia pendidikan kita yang sudah sangat terkontaminasi oleh urusan politik. Pendidikan di abad pengetahuan menuntut adanya manajemen pendidikan modern dan profesional dengan bernuansa pendidikan. Pengembangan profesionalisme guru seharusnya sudah dimulai sejak masa perekrutan guru. Kemerosotan pendidikan bukan hanya diakibatkan oleh kurikulum tetapi juga diakibatkan oleh kurangnya kemampuan profesionalisme guru dan keengganan belajar siswa. Profesionalisme menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan atau kemampuan manajemen beserta strategi penerapannya. Guru yang profesional pada dasarnya ditentukan oleh sikapnya yang berarti pada tataran kematangan yang mempersyaratkan willingness dan ability, baik secara intelektual maupun pada kondisi yang prima.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)