Anda belum login :: 25 Nov 2024 08:53 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kegiatan Bermain Dengan Playstation Pada Siswa Kelas VI SD Ricci II
Bibliografi
Author:
Clemensia, Evy
;
Sudarnoto, Laura Francisca Neneng
(Advisor);
Widjaja, Anny E. L.
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2002
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Evy Clemensia's Undergraduated Theses.pdf
(209.0KB;
10 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-201
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dunia anak identik dengan kegiatan bermain. Melalui kegiatan bermain anak dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Bermain merupakan kegiatan yang dilakukan secara spontan untuk memperoleh perasaan senang dan untuk mengembangkan daya imajinasi anak. Saat ini dapat ditemukan banyak sekali permainan dengan menggunakan alat bantu teknologi modern antara lain : permainan video game playstation dan nintendo.
Permainan video game yang sedang populer di masyarakat adalah permainan playstation. Permainan playstation (PS) adalah permainan elektronik yang diproduksi oleh Sony. Bila ingin memainkan PS maka dibutuhkan pesawat televisi multisistem, mesin PS, alat penyambung antara TV dan mesin PS, CD permainan dan alat bantu permainan seperti joystick, stir kemudi, guncon, dan lain-lain.
Ada 62 responden anak kelas VI SD Ricci II yang bermain PS, terdiri dari 16 anak perempuan dan 46 anak laki-laki. Dari hasil penelitian, persentase tertinggi pada anak perempuan adalah 94% (ada 15 anak yang memilih), sedangkan pada anak laki-laki persentase tertinggi adalah 96% (ada 44 anak yang memilih). Baik jawaban anak perempuan maupun anak laki-laki paling banyak memilih pernyataan : bermain PS merupakan petualangan yang menyenangkan.
Kesimpulan penelitian ini bahwa permainan playstation disenangi anak karena permainan ini merupakan petualangan dan dirasa sangat menyenangkan serta dapat membuat anak merasa asyik bermain, berpikir, berimajinasi dan berkreasi sesuai keinginan mereka. Hal ini sesuai dengan pengertian bermain menurut para ahli yang mengatakan bahwa bermain adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk kesenangan dan dilakukan secara bebas serta tidak ada paksaan dari luar. Saat anak bermain playstation maka anak juga mengembangkan kognitif atau kemampuan berpikirnya Selain itu kegiatan bermain juga mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak.
Berdasarkan hasil rerata persentase jawaban subjek, baik anak perempuan maupun anak laki-laki, menunjukkan urutan tertinggi pertama dan kedua adalah pada komponen hiburan dan menjelajah. Walaupun hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain playstation merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak, tetapi diharapkan orang tua dapat berperan serta membantu anak dalam pembagian waktu dan disiplin belajar karena belajar adalah tugas anak sebagai pelajar. Dalam bermain, anak-anak juga perlu pengawasan untuk pemilihan jenis permainan PS, agar hal-hal yang buruk dalam permainan PS tidak ditiru oleh anak.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.21875 second(s)