Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:17 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Strategi Bersaing Produk Comshare di Indonesia Dalam Rangka Memenangkan Persaingan (Studi Kasus Pada PT. PROSPERA INFOSHAREINDO)
Bibliografi
Author:
Priscilla
;
Udaya, Yusuf
(Advisor)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2003
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Priscilla's Master Theses.pdf
(553.0KB;
24 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
MM-263
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Sistem informasi yang intinya berupa database lebih dikenal dengan
sebutan ERP (Enterprise resource planning) atau OLTP (On-Line Transaction
Processing) atau istilah sederhana dikenal dengan sebutan aplikasi
transaksional. Sistem ini digunakan untuk menangani kegiatan transaksi
perusahaan sehari-hari secara terintegrasi di area-area proses bisnis yang
ada dalam perusahaan. Namun tidak dapat memenuhi kebutuhan eksekutif
perusahaan untuk menganalisa trend-trend yang mempengaruhi jalannya
bisnis dan sebagai pendukung strategi manajemen. Jelaslah bahwa OLTP
saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan analitikal. Dari sinilah muncul
konsep komplemen OLTP yaitu OLAP (On-Line Analytical Processing) atau BI
(Business Intelligence) atau istilah sederhana dikenal dengan sebutan aplikasi
analitikal.
Tumbuhnya kebutuhan sistem informasi analitikal ini secara langsung
mengakibatkan munculnya persaingan yang ketat dalam industri TI (Teknologi
Informasi) khususnya aplikasi analitikal. Hal ini melatarbelakangi penulisan
tesis ini.
Tujuan dari penelitian adalah menganalisis posisi bersaing PT.
Prospero Infoshareindo dan merumuskan strategi utama yang tepat dalam
rangka memenangkan persaingan.
Metodologi yang digunakan bersifat deskriptif analisis dalam bentuk
studi kasus untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai struktur
industri yang ada, penelitian dilakukan mulai dari pencarian dan pengolahan
data, penyusunan kerangka asumsi melalui studi pustaka dan pengujian
asumsi dari data yang ada.
Pendekatan analisa didasarkan pada konsep manajemen stratejik yaitu
analisa daya tarik usaha, analisa lingkungan eksternal-internal dan analisa
strategi usaha yang dilakukan PT. Prospero Infoshareindo.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil
kesimpulan yaitu perusahaan berada pada struktur pasar oligopoli dan berada
pada sel pertama dari diagram analisa SWOT. Posisi bersaing saat ini
menguntungkan dan menurut pasar sasarannya, perusahaan merupakan
penceruk pasar. Dengan demikian perusahaan disarankan untuk menerapkan
strategi fokus dan agresif dalam rangka memenangkan persaingan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)