Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:09 WIB
Detail
BukuPenerimaan Diri Siswa Kelas 2 SMK Tarakanita
Bibliografi
Author: Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor); Nugraheni, Yacinta Asih
Topik: Perilaku; remaja; negatif
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-246
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penerimaan diri adalah kesediaan individu untuk menerima diri, yang
mencakup keadaan fisik, sosial dan aktualisasi diri, ditinjau dari segi kelebihan
maupun kekurangan yang dimiliki. Dalam penerimaan diri mencakup sikap percaya,
yakin terhadap dri sendiri, penghargaan diri yang baik, sehingga individu bebas
mengendalikan potensi diri, menyadari kemungkinan – kemungkinan yang ada,
dengan tidak mengingat – ingat keuntungan yang dapat dari segala koreksi dan
kritikan. Individu yang tidak menerima keadaan diri, akan berontak dan lari dari
kenyataan hidup, bahkan dapat melakukan perilaku amoral diantaranya berbohong,
mencuri, tawuran. Oleh karena itu, Burns ( 1982 ) menjelaskan bahwa perilaku
negatif dalam diri remaja bersumber pada masalah psikologis.
Siswa kelas 2 SMK adalah siswa yang berusia 16 tahun sampai 18 tahun.
Pada usia tersebut, Hurlock ( 1980 ) mengkategorikan sebagai usia remaja, yang
ditandai dengan perkembangan fisik dan psikologis yang sangat pesat. Perkembangan
psikologis diantaranya rasa ingin mencintai lawan jenis, dicintai lawan jenis,
berusaha menarik perhatian lawan jenis. Krisis dan ketegangan mulai terjadi dalam
diri remaja, dimana sebagian remaja mulai membanding – bandingkan diri dengan
orang lain. Oleh karena itu, melalui penerimaan diri, remaja diajak untuk dapat
menerima keadaan diri baik kelebihan dan kelemahan, mampu menjadi diri sendiri,
menentukan nasib sendiri, menerima realita, dan kemampuan bergaul dengan orang
lain. Faktor yang mempengaruhi peneriman diri remaja diantaranya jenis kelamin,
budaya, pola asuh, dan sikap masyarakat. Penerimaan diri juga memberi dampak
pada penyesuaian diri dan penyesuaian sosial remaja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa siswa SMK merasa malu,
tidak percaya diri, untuk mengakui sebagai siswa sekolah kejuruan. Penelitian
dilakukan terhadap 131 siswa, terdiri dari 31 siswa untuk kelompok ujicoba dan 100
siswa untuk data penlitian. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 2 SMK Tarakanita.
Variabel penelitian adalah penerimaan diri, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan skala penilaian, diawali penyusunan kisi –
kisi berdasarkan indikator dari 4 komponen. Analisis ujicoba dilakukan dengan
mengadakan analisis rasional dilanjutkan dengan analisis empiris. Dari 80 pernyataan
yang diujicobakan,diperoleh 60 pernyataan valid. Dari 60 pernyataan valid, dilakukan
uji validitas kedua, diperoleh 56 pernyataan valid,dengan nilai r tabel 0,355.
Penelitian terhadap 100 siswa kelas 2 SMK Tarakanita, menghasilkan
persentase jawaban tertinggi pada komponen menjalin hubungan baik dengan realita.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa 64 % siswa tergolong memiliki penerimaan
diri tinggi, 36 % tergolong dalam penerimaan diri sedang. Ternyata, apa yang
diperkirakan bahwa siswa SMK merasa malu mengakui sebagai siswa kejuruan, malu
mengakui keadaan perekonomian keluarga, tidak ada.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar
siswa SMK Tarakanita dapat menerima keadaan diri sendiri, yang mencakup sikap
mudah bergaul dengan orang lain, berfikir positif, menentukan nasib sendiri, dan
menjalin hubungan baik dengan realita. Dengan memiliki penerimaan diri yang tinggi
dan sikap terbuka yang dimiliki siswa, diharapkan sebagai kunci komunikasi antara
konselor dan siswa, dalam menangani permasalahan yang ada.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)