Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:48 WIB
Detail
BukuPersepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Pembimbing Di SMU Ricci II
Bibliografi
Author: Suryani, Elli ; Mamesah, Michiko (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Elli Suryani's Undergraduated Theses.pdf (164.0KB; 43 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-244
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Persepsi adalah proses penerimaan rangsang yang ditangkap melalui kelima
indera, rangsang itu disadari dan dimengerti oleh siswa. Penelitian ini dibuat
memperoleh gambaran bagaimana persepsi siswa SMU Ricci II tentang kinetja guru
pembimbing. Karena kinerja guru pembimbing selama ini hanya dinilai oleh kepala
sekolah, guru pembimbing jarang sekali mendapat masukan dari siswa. Padahal siswa
adalah subjek utama dari guru pembimbing dan konseling di sekolah.
Kinerja guru pembimbing adalah bagaimana guru pembimbing di sekolah
melaksanakan tugas. Guru pembimbing di sekolah membantu siswa yang mengalami
kesulitan dalam perkembangan diri siswa dan membantu serta mendampingi siswa
untuk mencapai perkembangan diri yang optimal agar dapat menyesuaikan diri
dengan lingkungan Dalam melaksanakan tugas, guru pembimbing memberikan
layanan analisis individual, informasi sosial pribadi, penempatan pendidikan, layanan
konseling dan layanan konseling karier.Untuk mengetahui persepsi siswa penulis mengumpulkan data dengan
rnernberikan kuisioner kepada 90 siswa. Kuisioner telah diujicoba pada 32 siswa dan
diperoleh 22 pernyataan yang valid dari 50 pemyataan, dengan koefisien reliabilitas
= 0,8587. Kuisioner ini memiliki empat pilihan jawaban (selalu, sering, kadangkadang
dan tidak pemah). Tiap jawaban diberi skor O -4 kemudian diklasifikasikan
pada masing-masing kelompok dan dihitung persentasenya.
Dari basil pengumpulan data, diperoleb jawaban dari siswa yang memberikan
persepsi positif pada kinerja guru pembimbing, dalam hal ini layanan bimbingan dan
konseling tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, program bimbingan
konseling di SMU Ricci II yang meliputi layanan analisis individual, layanan
informasi sosial pribadi, layanan penempatan pendidikan, layanan konseling dan
layanan karier telah diupayakan untuk dilaksanakan sesuai kebutuhan siswa. Siswa
SMU Ricci II menilai positif pelaksanaan program bimbingan dan konseling tersebut.
Saran untuk guru pembimbing agar menjalin kerjas'ama dengan siswa, guru bidang
studi, kepala sekolah dan orangtua siswa dalam meningkatkan kualitas program atau
materi bimbingan dan konseling yang akan diberikan untuk siswa, guru pembimbing
diharapkan dapat menggali dan menemukan setiap potensi siswa dan membantu
siswa mengembangkan kepribadian sesuai tugas perkembangan untuk keberhasilan
studi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)