Metode Applied Behavior Analysis ( ABA) adalah metode yang dipakai untuk merubah perilaku anak, dengan meminimalkan perilaku yang buruk dan meningkatkan perilaku yang baik. Prinsip ABA adalah sistematik, terstruktur dan terukur. Me tode ABA dapat dilakukan oleh orang ahli yang mengerti mengenai metode ABA. Autistic Spectrum Disorders (ASD) merupakan gangguan perkembangan anak sebelum usia 3 tahun, gangguan tersebut ditandai dengan masalah interaksi sosial, masalah komunikasi, dan pola perilaku. Diagnosis untuk anak penyandang ASD , menggunakan ICD – 10 (International Classification, of Diaseases) dan DSM IV ( Diagnostic and Statistical Manual). Fa ktor penyebab ASD adalah ada gangguan fungsi sistem saraf pusat,jadi anak tidak dapat berkonsentrasi dan perhatian menjadi pecah. Kerjasama antara orangtua dan para ahli seperti Dokter, Psikolog, Psikiater, Konselor dan Terapis, sangat dibutuhkan untuk melihat perkembangan anak pada usia sebelum 3 tahun. Deteksi dini terhadap gangguan perkembangan, maka penangganannya akan semakin baik. Pengetahuan dan informasi dari media massa mengenai beberapa gangguan perkembangan antara lain seperti ASD, Hiperaktif, Down Sindrom perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan yaitu peneliti mengkaji berdasarkan buku -buku, artikelartikel, dan tulisan-tulisan, baik dari majalah maupun dari koran dan bertujuan untuk mengkaji mengenai metode ABA bagi anak ASD. Penelitian ini menelaah metode ABA dengan menggunakan literatur dan menyim ak mengenai analisis teoritis metode ABA bagi anak ASD. Membaca dan mendengar informasi seperti mengikuti seminar-seminar, mengenai ASD dan metode ABA, akan menambah pengetahuan dan wawasan yang luas bagi masyarakat yang tertarik mengenai anak ASD. |