Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kemampuan Berbahasa Anak Tingkat A Taman Kanak-kanak ST Ursula BSD Melalui Kegiatan
Bibliografi
Author:
Hendriastuti, Aloysia
(Advisor);
Kusananta, Titis Dian
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2003
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Titis Dian Kusananta's Undergraduated Theses.pdf
(114.0KB;
10 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-242
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Anak yang berada pada rentang usia empat sampai enam tahun mulai memasuki
pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK). Taman Kanak-kanak merupakan tempat kedua
setelah pendidikan rumah bagi perkembangan fisik, motorik, bahasa, kognitif dan sosial
anak. Penelitian ini memfokuskan pada kemampuan berbahasa anak untuk
mengekspresikan dirinya. Salah satu cara untuk menuntun anak mengembangkan
bahasanya yaitu bercerita. Dengan mendengar cerita anak memperoleh banyak kata-kata
yang baru.
Dalam setiap bulan di hari Jumat Minggu pertama, TK St. Ursula BSD
mendatangkan tamu untuk bercerita kepada anak. Tujuannya untuk memperkaya bahasa
anak. Secara klasikal anak dapat menjawab pertanyaan cerita, secara individual tak jarang
anak membisu dan mengangkat bahu. Peneliti mengkaji kemampuan berbahasa (lisan) anak
TK St. Ursula BSD melalui kegiatan bercerita.
Kemampuan berbahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak untuk
berkomunikasi dengan orang lain terutama teman sebaya dan orang-orang terdekatnya.
Dengan penguasaan bahasa yang baik, anak dapat menyampaikan pikiran dan perasaannya
kepada orang lain dan anak mampu memahami pikiran dan perasaan orang lain.
Cerita adalah runtunan peristiwa yang dituturkan dengan menarik. Cerita untuk anak
dapat memperkaya imajinasi pada diri anak, mengembangkan kecerdasannya,
menjernihkan emosinya dan menyesuaikan diri dengan kecemasan ketika dihadapkan pada
pencarian jalan keluar.
Subyek penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak St. Ursula BSD Tingkat A
dengan jumlah tiga puluh enam anak. Tema cerita yang diteliti adalah tema binatang dengan
tokoh hitam dan putih dengan judul cerita Kue Donat Pak Jenggot, cerita yang
mencerminkan keteladanan seseorang dengan judul cerita Raja Yang Adil, cerita yang
menggambarkan perjalanan hidup seseorang dengan judul cerita Ibu Kartini.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan berbahasa anak tingkat A TK St. Ursula BSD melalui kegiatan bercerita.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak TK St. Ursula BSD dapat
menjawab pertanyaan yang diberikan kecuali berbicara lancar dengan kalimat sederhana..
Cerita yang mudah dipahami oleh anak dengan kemampuan berbahasa yang dimilikinya
adalah Raja Yang Adil dan Kue Donat Pak Jenggot karena persentase kelima kompetensi
yang diukur menunjukkan kedua cerita lebih tinggi dari cerita Ibu Kartini. Mengacu pada
persentase kelima kompetensi dapat disimpulkan bahwa cerita tentang keteladanan dan
cerita binatang mudah dimengerti anak sedangkan cerita biografi sulit dimengerti untuk anak
TK. Peneliti menyarankan untuk TK St. Ursula BSD agar mengadakan intrakurikuler yang
berhubungan dengan kemampuan berbahasa anak dan melengkapi sarana untuk bercerita.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)