Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Strategi Self-Monitoring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK
Oleh:
Bakhtiar
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 3 no. 2 (Oct. 2005)
,
page 160-176.
Topik:
Learning Motivation
;
Self-Monitoring Strategy
;
Effectiveness
;
Motivasi Belajar
;
Keefektifan
;
Self Monitoring
Fulltext:
Bakhtiar.pdf
(817.13KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51.2
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
J77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan rancangan pra dan pasca uji satu kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi self-monitoring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMK. Ada tiga komponen motivasi belajar yang diukur yaitu : ekspektansi (harapan), nilai instrinsik dan afektif siswa, Subjek diberikan pelatihan menggunakan strategi self-monitoring dan hasil akhirnya diukur dengan skala motivasi belakar. Analisis data menunjukkan ada peningkatan rata-rata skor pada masing komponen motivasi belakar sesudah diberikan pelatihan strategi self-monitoring (komponen ekspektansi sebesar 19,21%, nilai instrinsik 18,44% dan afektif 21,48%). Konselor perlu mendapat pelatihan khusus, agar pelaksanaan strategi ini dapat berhasil dengan baik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)