Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:02 WIB
Detail
ArtikelPenggunaan Strategi Self-Monitoring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK  
Oleh: Bakhtiar
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi: Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 3 no. 2 (Oct. 2005), page 160-176.
Topik: Learning Motivation; Self-Monitoring Strategy; Effectiveness; Motivasi Belajar; Keefektifan; Self Monitoring
Fulltext: Bakhtiar.pdf (817.13KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP51.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: J77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan rancangan pra dan pasca uji satu kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi self-monitoring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMK. Ada tiga komponen motivasi belajar yang diukur yaitu : ekspektansi (harapan), nilai instrinsik dan afektif siswa, Subjek diberikan pelatihan menggunakan strategi self-monitoring dan hasil akhirnya diukur dengan skala motivasi belakar. Analisis data menunjukkan ada peningkatan rata-rata skor pada masing komponen motivasi belakar sesudah diberikan pelatihan strategi self-monitoring (komponen ekspektansi sebesar 19,21%, nilai instrinsik 18,44% dan afektif 21,48%). Konselor perlu mendapat pelatihan khusus, agar pelaksanaan strategi ini dapat berhasil dengan baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)