Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:22 WIB
Detail
ArtikelTinjauan tentang Situasi dan Proses Pembaharuan Pembelajaran Sains dengan Teori Konstruktivisme Sosial  
Oleh: Sarkim, T.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 15 no. 2 (Apr. 2005), page 153-164.
Topik: REPRODUKSI; Reproduksi Sistem Sosial; Konstruktivisme Personal; Konstruktivisme Sosial; Pola Pembelajaran; Struktur Pengetahuan; Psikologi Kognitif
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.3
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelTeori konstruktivisme sosial memandang bahwa di samping individu, kelompok di mana individu berada sangat menentukan proses pembentukan pengetahuan pada diri seseorang. Pengetahuan yang dibangun seseorang tidak hanya dihasilkan melalui pengamatan dan olah pikirnya sendiri tetapi juga melalui me!alui komunikasi dengan komunitasnya, Di da!am tulisan in!, teori konstnuktivisme sosial dipergunakan tidak pertama-tama untuk menganalisis proses belajar munid, melainkan pnoses yang dialami para calon guru membangun pengetahuannya tentang mengajan melalui keikutsertaannya sebagai peserta didik pada benbagai jenjang pendidikan. Melalui aktivitas pengajaran pada berbagaijenjang pendidikan, pola pengajanan di dalam suatu masyarakat direproduksi oleh para guru. Sebagai akibatnya, pola-pola pengajanan di dalam kelas-kelas sekolah di indonesia, sekalipun benbagai upaya pembaharuan telah dilakukan, hampir tidak mengalami penubahan yang beranti sejak awal diperkenalkannya sistem sekolah modern. Dalam kerangka berpikir demikian, proses pengajaran di FKIP diharapkan dapat membantu para calon guru merekonstruksi pengetahuannya tentang mengajar sehingga terbangun suatu sistem pengetahuan tentang mengajar dan belajar yang !ebih baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)