Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:21 WIB
Detail
ArtikelEfektivitas Penggunaan Musik Klasik dalam Mendukung Pembelajaran Mahasiswa di Kelas  
Oleh: Widodo, Yohanes Heri
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 15 no. 2 (Apr. 2005), page 117-123.
Topik: MUSIK; Prestasi; Sikap; Musik Klasik
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: WW32.3
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian in! ingin melihat eftktivitas penggunaan musik klasik dalam pembelajaran mahasiswa di kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan kelompok paralel. Kedua ke!ompok adalah mahasiswapeserta mata kuliah Psikologi Kepribadian 1 Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Kelompok eksperimen yang terdafiar berjumlah 51 adalah ke!ompok yang belajar dengan musik kJasik; sedangkan kelompok kontro! yang terdaftar berjumlah 55 adalah kelompok yang belajar tanpa musik k!asik. Pada kedua kelompok pada akhirnya hendak dilihat sikap terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas dan rerataprestasi yang dimiliki kedua kelas. Dengan uji tsampel independen ditemukan bahwa reratasikap terhadap pembelajaran di kelas dan rerata prestasi pada kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi dibandingkan merata sikap terhadap pembelajaran dan rerata prestasipada kelompok kontmL Hasil ini menunjukkan bahwapenggunaan musik klasik cukup efekimi untuk mendukung pembe!ajaran yang dilakukan mahasiswa di kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)