Anda belum login :: 27 Nov 2024 16:16 WIB
Detail
ArtikelReference Interview dalam Layanan Referensi  
Oleh: Sinaga, Dian
Jenis: Article from Bulletin/Magazine - ilmiah lokal
Dalam koleksi: Media Pustakawan vol. 11 no. 2 (2004), page 18.
Topik: layanan referensi
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM61.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelLedakan informasi dewasa ini menuntut semua orang untuk selalu tanggap serta mengikuti informasi bebrbagai hal yang berkaitan dengan kehidupannya. Bahkan dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, para ilmuwan, akademisi dan peneliti merupakan kelompok konsumen sekaligus ebagai produsen sehingga ketanggapan dalam mengikuti perkembangan ilmiah mutlak diperlukan. Kondisi yang dipaparkan diatas, menyebabkan pusat informasi (termasuk di dalamnya perpustakaan) mengemban tugas yang tidak ringan dalam mengantisipas dan memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Oleh sebab itu, layanan informasi modern harus dapat mengolah informasi yang tepat dalam bentuk yang dapat diberikan kepada orang tepat dan dalam waktu yang tepat pula. Pelayanan referensi merupakan suatu bentuk layanan informasi di sebuah perpustakaan. Secara etimologis, layanan referensi berakar dari kata dasar to refer yang artinya menunjuk pada. Di dalamnya mengandung dua pengertian, yaitu: pemakai / peminta dan informasi (contain). Dengan demikian dalam praktek pemberian layanan referensi, seorang pustakawan referensi harus mampu menempatkan dirinya sebagai seorang guide, interpreter atau bahkan seorang information specialist.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)