Anda belum login :: 27 Nov 2024 10:03 WIB
Detail
ArtikelDesign Patterns: Reusable Object-Oriented Software Design Components  
Oleh: Rosa, P.H. Prima
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: SIGMA: Jurnal Sains dan teknologi vol. 3 no. 1 (Jan. 2000), page 1-14.
Topik: pemanfaatan kembali; pola desain; berbasis obyek
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: SS25.2
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSalah satu keuntungan dan pengembangan perangket lunak berbasis obyek adalah dukungannya terhadap kemungkinan pemanfaatan kembali (reuse) komponen-komponen perangkat lunak tersebut dalam berbagal proyek pengembangan perangkat lunak yang lain. Sekalipun demikian, sebagaimana disebutkan oleh Gamma et. al. (1995), pengembangan perangkat lunak berbasis obyek sendin sudah merupakan ha! yang sulit dan pengembangan perangkat lunak berbasis obyek yang komponennya dapat dimanfaatkan kembali (reusable) jauh !ebih sulit lagi. Kunci dan perancangan (desain) perangkat lunak berbasis obyek yang bersifat reusable adalah melalui penemuan suatu p0/a yang dapat menggambarkan obyek-obyek dan kelas-kelas yang saling berkomunikasi. Pole tersebut harus dapat dimodifikasi unfuk digunakan dalam pemecahan problem perancangan perangkat lunak dalam berba gal konteks yang berlainan. Tulisan ini memaparkan lebih lanjut pengertian pola desain (design pattern) suatu perangkat lunak, bagaimana mendeskripsikan dan menuliskan pola-pola desain, serta bagaimana mempergunakan pola-pola desain sedemikian hingga dapat membantu perancang perangkat lunak menghasilkan rancangan secara cepat. Di samping itu, tulisan mi juga memaparkan pentingnya pola desain dalam pengembangan perangkat lunak berbasis obyek, serta kecenderungan-kecenderungan di masa mendatang yang ferkait dengan po!a desain.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)