Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:02 WIB
Detail
ArtikelDominant Variables And Its Impact to Promotion Policy : Case Study PT. Pikiran Rakyat  
Oleh: Subroto, Budiarto ; Pujiyono, Jaka
Jenis: Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi: KELOLA Gadjah Mada University Business Review vol. VII no. 19 (1998), page 66-78.
Topik: Produk; eigen value; marketing; mass communication media
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: KK11.5
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap struktur persaingan bisnis media massa, baik eletronik, cetak maupun media luar ruang. Persaingan bukan hanya dalam hal kemampuan dalam merebut pengaruh sebagai media informasi (jumlah pendengar, pemirsa, pembaca) tetapi juga kemampuan dalam merebut belanja iklan pada pemasang iklan. Pendapatan utama media cetak selain dari penjualan sirkulasi adalah penjualan kolom iklan (jasa memuat iklan). Kebijakan promosi yang efektif sangat mendukung dalam pencapaian target pendapatan dalam penjualan kolom iklan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat kebijakan promosi yang diterapkan oleh sebuah perusahaan media cetak dalam upaya menunjang penjualan kolom iklan. Sampel yang diteliti adalah para pemasang iklan aktif, dengan jumlah sampel 100 responden. Variabel penelitian diturunkan dari semua pola kegiatan promosi yang dilakukan di perusahaan, meliputi 4 kelompok : promosi (promotion), penjualan tatap muka (persoenal selling), promosi penjualan (sales promotion) dan publisitas (publicity / public relations). Dari pola kegiatan promosi tersebut diturunkan 23 variabel penelitian. Metoda pengolahan data yang dipakai adalah dengan pendekatan analisis faktor. Dengan mengetahui keterkaitan antara faktor baru, eigen value, serta kontribusi masing - masing faktor terhadap dimensi penelitian, maka dapat dievaluasi keefektifan kebijakan promosi yang diterapkan serta dapat dipakai sebagai bahan untuk menyusun kebijakan strategi promosi berikutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)