Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:07 WIB
Detail
BukuHubungan antara Adversity Quotient (AQ) dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2000 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta
Bibliografi
Author: Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor); Mamahit, Henny Christine
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Henny Christine Mamahit's Undergraduated Theses.pdf (196.0KB; 158 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-231
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Adversity Quotient (AQ) merupakan suatu bentuk pengukuran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam merespons suatu tantangan atau kesulitan dalam kehidupannya untuk mencapai suatu keberhasilan. Salah satu tantangan bagi mahasiswa adalah mencapai prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar merupakan hasil proses belajar yang telah dilakukan individu dalam kurun waktu tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dengan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2000 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Subyek penelitian sebanyak 120 mahasiswa yang berasal dari program studi Bahasa Inggris, Pendidikan Teologi, serta Bimbingan dan Konseling. Teknik sampling yang digunakan adalah Tehnik Cluster Sampling.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Adversity Quotient (AQ) yang merupakan adaptasi dari Adversity Response Profile ( ARP ) Quick Take TM untuk mengukur Adversiy Quotient (AQ), sedangkan prestasi belajar mahasiswa didasarkan pada nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Teknik statistika yang digunakan adalah korelasi Product Moment dan dibantu pengolahannya dengan bantuan program statistik SPSS versi 11.00. Hasil uji coba yang diberikan kepada 60 mahasiswa Universitas Atma Jaya untuk Adversity Quotien (AQ) diperoleh 16 butir valid dari 100 butir dengan nilai reliabilitas 0,7231. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient (AQ) dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2000 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Atma Jaya. Saran dari penelitian ini adalah perbaikan dalam instrument Adversity Quotient (AQ) agar lebih tepat untuk mengetahui daya juang seseorang di dunia pendidikan. Selain itu, mahasiswa belajar di perguruan tinggi akan mendapatkan sukses masa depan bukan hanya didasarkan pada prestasi belajar saja, tetapi perlu memperhatikan faktor - faktor lain yang dapat mempengaruhi proses belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)