Anda belum login :: 27 Nov 2024 04:05 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Dan VI SD 04 Kalibata Jakarta Selatan
Bibliografi
Author: Suraya, Dina Chrisfani ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Dina Chrisfani Suraya's Undergraduated Theses.pdf (865.0KB; 97 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-233
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Motivasi belajar adalah daya penggerak psikis dalam diri siswa yang dapat menimbulkan kegiatan belajar. Salah satu usaha meningkatkan motivasi belajar siswa adalah situasi dan kondisi yang kondusif bagi siswa untuk belajar.
Prestasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang dapat diperoleh akibat dari aktivitas belajarnya di sekolah dalam kurun waktu tertentu. Motivasi belajar dan prestasi belajar memiliki hubungan yang sangat erat karena prestasi yang dicapai oleh siswa ditentukan pula oleh motivasi yang dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam bidang studi matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V dan VI SD 04 Kalibata Jakarta Selatan, yang berjumlah 89 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan memakai jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala penilaian. Hasil ujicoba instrumen motivasi belajar diperoleh 18 butir valid dari 50 butir dengan nilai reliabilitas 0,81. Analisis data dengan rumus korelasi product moment diperoleh hasil sebesar 0,231, sedangkan tabel nilai r product moment berdasarkan taraf signifikan 5 % dengan N = 89 menunjukkan angka 0,21. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam bidang studi matematika kelas V dan VI SD 04 Kalibata Jakarta Selatan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada pendidik agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara mengenal karakteristik anak sehingga lebih dapat mengembangkan kompetensi dasar siswa, lebih intensif memberikan latihan ? latihan dan pengayaan belajar bagi para siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.359375 second(s)