Beragamnya kelompok etnis di Indonesia mengakibatkan beragamnya pula latar belakang etnis tenaga kerja di Indonesia. Oleh karena itu, pihak perusahaan perlu menaruh perhatian terhadap cara mengelola keragaman etnis tenaga kerja. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara terstruktur. Kuesioner diberikan kepada karyawan toko Makro Pasar Rebo, sedangkan wawancara terstruktur ditujukan kepada Manajer Sumber Daya Manusia Makro Pasar Rebo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data perbandingan analitis. Bentuk pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilitas dengan teknik pengambilan sampel insidental. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa praktik rekruitmen, komunikasi, penghargaan dan pengakuan, peringatan (kritik atau teguran), tunjangan, pengembangan karier serta pelatihan dalam Manajemen Keragaman (Diversity Management), dilakukan oleh Makro Pasar Rebo dengan baik. Artinya Makro Pasar Rebo memenuhi standard perlakuan yang sama, kepada semua orang dari beraneka latar belakang etnis. Selain itu, terlihat bahwa responden menganggap cara-cara berkomunikasi, menyampaikan informasi dan memberikan umpan balik (pujian dan teguran) mengena pada budaya etnis mereka masing-masing. Hasil perhitungan nilai rata-rata juga menunjukkan bahwa pelaksanaan Manajemen Keragaman (Diversity Management) adalah baik. Hasil wawancara terstruktur dengan manajer menunjukkan bahwa manajer dan Makro Pasar Rebo memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh karyawan apa pun latar belakang etnisnya serta memiliki sikap terbuka terhadap keragaman etnis yang ada di antara para karyawannya. Disarankan, agar dalam berkomunikasi dengan karyawan, Manajemen Makro Pasar Rebo dapat meningkatkan efektivitas dengan menyampaikan isi informasi yang sama dengan cara-cara yang lebih mengena yang disesuaikan dengan latar belakang etnis masing-masing karyawan. |