Latar belakang penulisan skripsi saya ini adalah untuk mengetahui apakah Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik memiliki Strategi Promosin yang efektif khususnya untuk Jurusan Piano di tahun ajaran 2003-2004 ini. Strategi Promosi yang dijalankan oleh perusahaan pada umumnya dan SMYPM pada khususnya adalah merupakan bagian dari Pemasaran secara umum. Pemasaran Jasa yang dilakukan oleh SMYPM (sebagai lembaga pendidikan) memiliki empat bauran, yaitu Place dan Price serta Promotion dan Product ditambah dengan People dan Process juga Customer Service; namun dalam skripsi ini, saya hanya mengobservasi Promotion saja dalam kaitannya dengan Strategi Promosi (Jasa) berupa Bauran Promosi (Jasa) Bauran Promosi Jasa adalah kombinasi dari alat promosi jasa yang digunakan untk mencapai pasar sasaran dan organisasi jasa secara keseluruhan, yang terdiri atas Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Public Relations, Word of Mouth dan Direct Marketing. Masing-masing Bauran Promosi (Jasa) tersebut memiliki definisi operasional: Advertising dioperasionalkan menjadi iklan YPM, brosur YPM dan majalah dinding YPM;Personal Selling Qioperasionalkan menjadi kegiatan registrasi murid baru dan POMG (Pertemuan Orang tua Murid dengan Guru); Sales Promotion dioperasionalkan menjadi pemberian 'Awards and Prizes' dan program beasiswa; Public Relations dioperasionalkan menjadi acara 'konser dan resital' serta 'workshop dan masterclass'; Word of Mouth dioperasionalkan menjadi dorongan dan ajakan dari anggota keluarga dan/atau teman untuk mendaftarkan diri menjadi murid piano di YPM dan yang terakhir Direct Marketing dioperasionalkan menjdi kegiatan belajar-mengajar, berbagai pelayanan akademis dan administrasi serta biro konsultasi YPM. Lalu keseluruhan definisi operasional itu diobservasi dengan Analisa Tabel Distribusi Frekuensi yang kemudian dari masing-masing Bauran Promosi, tersebut dicari nilai rata-ratanya (meannya), kemudian nilai-nilai mean itu dipetakan dalam |