Anda belum login :: 24 Nov 2024 01:57 WIB
Detail
BukuPeran Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga di Wilayah Pedesaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak
Bibliografi
Author: Devi, Acintya Anggita ; Shanti, Theresia Indira (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-503
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Membaca adalah suatu interaksi komunikatif antara penulis dan pembaca.
Pembaca dapat mengartikan rangkaian tulisan dan mendapat informasi dari penulis
dengan melibatkan faktor fisiologis dan intelektual. Kegiatan membaca dapat dilakukan
dimana saja, kapan saja tanpa kenal usia.
Usia sekolah dasar merupakan usia yang tepat dalam meningkatkan kemampuan
membaca. Pada masa ini, dalam setiap tahun perkembangannya anak memiliki karakter
yang spesifik serta mengalami peningkatan pesat dalam kemampuan membacanya.
Kemampuan anak tidak tumbuh secara otomatis. Orangtua bertanggungjawab
terhadap perkembangan anak. Di berbagai wilayah desa di Indonesia, ayah masih
menjadi pencari nafkah yang utama. Sedangkan ibu banyak berperan dalam pengasuha n
anak dirumah. Profesi ibu di wilayah pedesaan dapat dikategorikan menjadi dua yaitu
yaitu ibu yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga (home work) dan ibu yang mencari
nafkah tambahan bagi keluarga (income earning-work). Desa-desa tertentu memiliki
keterbatasan dalam sarana perpustakaan serta toko buku, menyebabkan ketersediaan buku
menjadi sangat kurang. Sehingga peran ibu di desa menjadi penting untuk di teliti.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran ibu rumah tangga dan ibu yang
bekerja di luar rumah yang tinggal di wilayah pedesaan dalam meningkatkan kemampuan
membaca anak sekolah dasar.
Untuk memudahkan, peneliti membagi pembahasan peran ibu berdasarkan teori
Tampubolon (1991) yang meliputi mendorong perkembangan bahasa anak, menjadi
teladan bagi anak, memberi perhatian pada pelajaran anak, bercakap-cakap membaca dan
bercerita, bermain dengan bahasa dan tulisan, menciptakan bacaan, membina keluarga
pembaca, memperhatikan kelemahan anak dalam membaca serta memanfaatkan sarana
lingkungan.
Pendekatan kualitatif dapat menggali lebih dalam mengenai peran ibu itu sendiri.
Dengan menggunakan metode wawancara dengan pedoman terstandar yang terbuka serta
observasi, diperoleh data yang lengkap dari 4 (empat) sampel, yakni 2 (dua) sampel ibu
rumah tangga dan 2 (dua) sampel ibu bekerja di luar rumah.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada beberapa persamaan dan perbedaan
antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga. Perbedaan utama yang didapat dari penelitian
ini adalah. ibu bekerja tidak dapat menemani dan mengajari anak secara rutin serta tidak
dapat mengikuti pelajaran anak di sekolah. Sedangkan ibu rumah tangga dapat menemani
anak belajar setiap hari, mengajarkan anak membaca secara rutin dan mengikuti pelajaran
anak di sekolah dengan teratur. Persamaannya antara lain adalah ibu berusaha untuk
meningkatkan kemampuan membaca anak dengan menyediakan sarana untuk awal
proses belajar membaca seperti karton berisi urutan huruf, buku dan alat tulis serta
mengadakan bacaan untuk mengasah kemampuan membaca anak sehari- hari dirumah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)