Universitas Atma Jaya merupakan salah satu universitas swasta di Jakarta yang dipandang oleh sebagian besar masyarakat memiliki kualitas yang baik. Banyaknya universitas swasta membuat persaingan semakin ketat sehingga mendorong munculnya perilaku konsumen ( masyarakat ) yang semakin selektif dalam memilih suatu universitas. Agar dapat tetap eksis, maka perlu dianalisis hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas dan prasarana universitas sehingga dapat diketahui apakah universitas tersebut sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumennya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian mengenai kualitas dari sarana dan prasarana dari Universitas Atma Jaya melalui pengukuran kepuasan mahasiswa dilihat dari tingkat kepuasan ( kinerja ) dan tingkat kepentingan ( harapan ) yang kemudian dijadikan acuan dalam usulan perbaikan sarana dan prasana universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut apasaja yang dianggap mempengaruhi tingkat kepuasan dan kepentingan mahasiswa, mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana, mengidentifikasi sarana dan prasarana yang masih kurang kualitasnya serta memberikan usulan-usulan perbaikan pada pihak universitas. Alat penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang ditujukan kepada mahasiswa Universitas Atma Jaya. Setelah penyebaran kuesioner, maka dilakukan perhitungan besarnya nilai kepuasan dan kepentingan tiap-tiap atribut, penyusunan Diagram Pareto berdasarkan nilai kepuasan, penyusunan Diagram Prioritas Kepentingan berdasarkan nilai kepuasan dan kepentingan, serta pemetaan seluruh atribut dalam Diagram Kartesius. Hasil pengolahan data tersebut akan dianalisis kemudian hasilnya akan dijadikan dasar usulan untuk perbaikan sarana dan prasarana di universitas ini. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa para mahasiswa menganggap penting seluruh atribut yang diajukan dalam kuesioner penelitian. Sedangkan untuk tingkat kepuasan tiap-tiap atribut secara keseluruhan ( semua fakultas ), hasil perhitungan menunjukkan bahwa seluruh atribut telah memenuhi harapan mahasiswa dan para mahasiswa sudah merasa cukup puas atas kinerja Universitas Atma Jaya selama ini. Dan juga memberikan usulan guna memberikan masukan pada pihak universitas dalam mempertahankan kualitasnya. |