Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:20 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penayangan Iklan dan Perlindungan Konsumen: Suatu Tinjauan Yuridis
Oleh:
Wulandari, Bernadetta Tjandra
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Gloria Juris vol. 3 no. 2 (Jul. 2003)
,
page 106-117.
Topik:
iklan
;
Konsumen
;
Iklan
;
Gaya Hidup
;
Televisi
;
Informasi
Fulltext:
bernadetta tjandra wulandari.pdf
(64.35KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
GG7.2
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
G19
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kemajuan teknologi informasi secara signifikan telah menimbulkan suatu perubahan besar-besaran terhadap cara-cara pemasaran dengan menggunakan media yang mampu memberi dampak psikologis yang luar biasa bagi konsumen sebagai objek sasaran. Iklan di berbagai media mampu mempresentasikan maksud pelaku usaha atas produk yang akan dan sedang dipasarkan. Komunikasi melalui gerak dan suara berisi informasi produk dapat dengan tepat menjembatani maksud dan tujuan pelaku usaha. Televisi sebagai media promosi dianggap telah sukses berperan sebagai perantara informasi produk. Namun demikian informasi yang ditayangkan memberi dampak pada pola konsumsi masyarakat. Esensi tentang perolehan dan pemanfaatan barang dan atau jasa bergeser dari gambaran produk menjadi tampilan gaya hidup. Bentuk-bentuk iklan yang beragam membanjiri pemirsa tanpa memperhatikan unsur perlindungan bagi konsumen. Batasan iklan yang menyesatkan atau menipu belum sepenuhnya terakomodir oleh peraturan yang ada, sehingga unsur keamanan dalam mengkonsumsi barang juga belum sepenuhnya dapat dirasakan masyarakat. Iklan yang bertanggungjawab tanpa mengesampingkan nilai estetika dan bisnis merupakan hal yang sangat didambakan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)