Persepsi konsumen memegang peranan penting bagi peningkatan penjualan produk, karena melalui pengetahuan tentang persepsi konsumen dapat ditentukan hal-hal yang harus diutamakan dalam memproduksi suatu produk. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif analisis, yang memungkinkan pengidentifikasian kualitas produk yang ditawarkan perusahaan dan mengetahui pengaruhnya terhadap persepsi konsumen pada produk susu yang dihasilkan oleh PT. Nestle Indonesia yaitu Susu Dancow Balita. Penelitian dilakukan penulis melalui kuesioner yang terdiri dari tiga bagian yaitu: profil responden, loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen terhadap produk susu Dancow Balita, dengan jumlah responden 50 orang. Dari hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan bahwa seluruh konsumen yang diteliti puas terhadap produk susu Dancow Balita. Bentuk kemasan, ukuran produk dan harga menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap pilihan produk. Besarnya nilai pembelian tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan dan pendapatan responden karena susu merupakan kebutuhan pokok; akan tetapi nilai pembelian susu dipengaruhi oleh jumlah anak, tingkat harga dan ukuran kemasan. Selanjutnya dengan dasar hasil penelitian, penulis dapat menyarankan kepada PT. Nestle Indonesia untuk meningkatkan promosi termasuk menyediakan hadiah mainan pada setiap kemasan; menambahkan variasi rasa. |