Perilaku konsumen terhadap freon hydrocarbon, merupakan pokok pembahasan skripsi ini. PT Nurjaya Nityanusa menyadari bahwa pada setiap ruang yang terdapat didalam gedung, kantor, sekolah, universitas, pertokoan (mall) hingga perumahan, menggunakan Air Conditioning (AC). Sehingga permintaan akan freon pun akan bertambah dimana hal tersebut menimbulkan peluang pasar yang besar bagi perusahaan. Inti dari perilaku konsumen adalah pemuasan kebutuhan konsumen. Dalam memenuhi kebutuhannya setiap konsumen akan berusaha mencari jalan dengan menunjukkan perilaku yang berbeda-beda. Pemasar yang hebat akan memfokuskan perhatiannya pada kebutuhan konsumen dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan riset yang bersifat deskriptif, yang bertujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat (karakteristik) dari suatu keadaan. Adapun cara pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah: riset lapangan, wawancara, dan studi kepustakaan. Penulis melakukan penarikan sampel dengan mengambil data dari 100 responden dan data tersebut dianalisis dengan menggunakan likert scale. Tujuan dari penulisan ini adalah supaya dapat memberikan masukan bagi perusahaan mengenai apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen dari sebuah freon. Analisis dari data yang terkumpul menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor atribut yang mempengaruhi konsumen atas atribut freon hydrocarbon, antara lain: dampaknya terhadap lingkungan, pengaruhnya terhadap listrik, suhu (temperatur) yang dihasilkan, jangka waktu pemakaian, dan promosi yang dilakukan melalui media cetak. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap harga, distribusi, promosi melalui media cetak, dan suhu (temperatur) yang dihasilkan cukup baik. Adapun persepsi konsumen yang kurang baik terhadap freon hydrocarbon dan perlu diperhatikan oleh perusahaan, yaitu: dampaknya terhadap lingkungan, dan pengaruhnya terhadap listrik. Berdasarkan skripsi ini, penulis menyarankan agar perusahaan hendaknya lebih gencar dalam memperkenalkan dan memberikan penjelasan kepada calon konsumen mengenai keunggulan dari produk yang ditawarkan, dalam hal ini freon hydrocarbon. |