Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan di bagian check-in yang diberikan PT. Pelita Air Service Jakarta kepada penumpangnya dan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pelayanan check-in yang diberikan perusahaan dengan kepuasan penumpang. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif adalah membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan aktual mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan check-in PT. Pelita Air Service Jakarta didasarkan pada dimensi pengukurannya antara lain: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible. Dari analisis kepuasan konsumen berdasarkan dimensi pengukurannya, bisa dilakukan perhitungan atas rata-rata dari penilaian kepentingan dan penilaian pelaksanaan pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap pelayanan checkin PT. Pelita Air Service Jakarta. Kemudian perhitungan ini disajikan di dalam Diagram Kartesius. Faktor pelayanan yang efisien, ramah, dan selalu siap menolong adalah faktor yang penting, tetapi tingkat pelaksanaannya tidak pada tingkat yang diharapkan, sehingga PT. Pelita Air Service Jakarta perlu memberikan perhatian yang khusus pada pelayanan ini. Faktor pelayanan yang efisien, ramah, dan selalu siap menolong. merupakan kekurangan pada pelayanan check-in PT. Pelita Air Service Jakarta. Sehingga perlu diadakan pembenahan pada faktor ini dengan melakukan pelatihan ulang kepada para staff check-in counter supaya bisa memuaskan penumpang atau konsumen. |