Sam Donuts masih menghadapi berbagai permasalahan setelah beberapa bulan berjalan antara lain omzet penjualan belum mencapai target, walaupun telah dilakukan promosi. Seperti diketahui bahwa omzet penjualan sangat dipengaruhi oleh tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu kepuasan pelanggan harus benar-benar diperhatikan oleh Sam Donuts bila outletnya ingin berkembang dan mampu bersaing dengan produk sejenis yang sudah ada. Maka, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen terhadap outlet Sam Donuts cabang Supermal Lippo Karawaci, Tangerang. Karena keterbatasan waktu, sample yang digunakan hanya sebanyak 100 responden dan diambil secara acak dari seluruh pengunjung outlet Sam Donuts di Supermall Karawaci. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu: Analisa Tingkat Kepentingan dan Kinerja (Supranto, 1997, hal 239). Sedangkan, variable-variabel yang akan diteliti dari Sam Donuts adalah: 1. Rasa 2. Harga 3. Penampilan 4. Variasi 5. Kecepatan Pelayanan 6. Keramahan karyawan 7. Kebersihan dan kenyamanan ruangan 8. Cepat tanggap dari karyawan 9. Kerapihan karyawan 10. Kemasan Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menjadi prioritas utama Sam Donuts di Supermall Karawaci adalah: Harga Donut. Sedangkan faktor-faktor yang harus dipertahankan adalah: Rasa donut, Penampilan Donut, Kecepatan Pelayanan, dan Kemasan. |