Anda belum login :: 22 Nov 2024 18:59 WIB
Detail
BukuPENGARUH KOMPETISI DAN KOALISI TERHADAP KECENDERUNGAN UNTUK MENGGUNAKAN NEGATIVE GOSSIP PADA REMAJA WANITA
Bibliografi
Author: CHRISTIAN, YEDIDA ; Santosa, Eric Mulyadi (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-467
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereplikasi dan memodifikasi penelitian Hess &
Hagen. Penelitian yang bermaksud untuk meneliti fungsi gosip tersebut masih
memiliki sejumlah keterbatasan dan kekurangan metodologis sehingga perlu
diadakan penelitian ulang dengan berbagai perbaikan dan modifikasi. Adapun
tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetisi dan koalisi
terhadap kecenderungan untuk menggunakan negative gossip , yaitu gosip yang
digunakan untuk menjatuhkan reputasi orang lain.
Penelitian dilakukan secara eksperimental dan instrumennya adalah sejumlah
instruksi, 4 model skenario dan 15 pernyataan yang harus diisi subjek . Sampel
yang dipilih berdasarkan quota sampling dari wanita pada masa remaja hingga
dewasa awal (11-40 tahun) adalah siswi SMU Tarakanita I.
Hasil analisis statistik two -way ANOVA menunjukkan bahwa kompetisi dan
koalisi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan untuk
menggunakan negative gossip serta tidak ada efek interaksi diantara keduanya.
Hasil ini berbeda dengan hasil penelitian Hess & Hagen dimana kompetisi dan
koalisi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan menggunakan
negative gossip serta ada interaksi diantara kompetisi dan koalisi.
Perbedaan hasil penelitian tersebut paling tidak disebabkan oleh 3 hal, yaitu (1)
karena adanya perbedaan konteks dan subjek penelitian dari penelitian Hess &
Hagen, (2) kelemahan atau keterbatasan instrumen, atau (3) karena kompe tisi dan
koalisi memang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan
untuk menggunakan negative gossip. Saran untuk penelitian lanjutan adalah (1)
menggunakan konteks penelitian yang sama seperti pada penelitian Hess &
Hagen, (2) tidak merubah konteks penelitian namun mengubah subjek dan
memodifikasi intrumen, serta (3) memperbaiki metodologi penelitian dalam hal
kontrol dan instrumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)