Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Atas Penjualan Jasa Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Pertamina
Bibliografi
Author:
Supartiningsih, Kurnia
;
Kromosukarto, Madijo
(Advisor)
Topik:
Sistem Pengendalian Intern
;
Penjualan
;
Jasa
;
Pasien Rawat Inap Pada Rumah
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2002
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Kurnia Supartiningsih's Undergraduated Theses.pdf
(153.0KB;
19 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-2520
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Rawat inap merupakan suatu kegiatan yang utama dari suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa rumah sakit. Pasien rawat inap merupakan sumber pendapatan terbesar dari rumah sakit, karena itulah penjualan jasa rawat inap ini berperan dalam menghasilkan laba bagi perusahaan. Mangingat pelayanan rumah sakit adalah pelayanan jasa maka kendala pokok yang terjadi dalam pelaksanaannya adalah rendahnya mutu dan kualitas palayanan jasa rawat inap. Untuk itu agar dapat menyelenggarakan suatu rumah sakit yang baik dan memadai dari segi organisasi yang berupa mutu pelayanan dan kualitasnya, maka dibutuhkan suatu sustem pengendalian intern yang memadai dan efektit. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan melakukan wawancara serta pengamatan langsung ke lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa system pengendalian intern atas penjualan jasa rawat inap pada RSSP sudah cukup baik dengan adanya pembagian tugas dan wewenang yang jelas, system otorisasi dan proses pencatatan yang memadai, formulir yang mendukung rawat inap sudah memenuhi syarat, pengendalian intern yang baik serta adanya penempatan staff sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikannya. Disamping itu penulis juga menemukan kelemahan-kelemahan dalam pengendalian intern atas penjualan jasa rawat inap ini, antara lain adalah pengaturan jam kerja bagi tenaga ahli yang kurang baik serta penyerahan laporan ke kepala bagian yang tidak tepat waktu. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan saran-saran antara lain tenaga ahli hendaknya diatur kembali jam kerjanya agar terjadi keseimbangan beban pekerjaan serta perlu adanya peningkatan kualitas tenaga kerja dalam membuat pelaporan untuk kepala bagian agar laporan harian yang dibutuhkan itu dapat dibuat tepat waktu sehingga tidak menghambat proses pengambilan keputusan ditingkat manajemen yang lebih tinggi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)